Mengapa kura-kura dapat berumur panjang hingga 200 tahun?

Kura-kura

Kura-kura dikenal dapat berumur panjang hingga 200 tahun. Mengapa demikian?

Penyebab kura-kura bisa berumur panjang, yaitu :

  1. Metabolisme lambat
    Memiliki proses metabolisme yang lambat berarti kura-kura akan membakar energi pada tingkat yang sangat lambat, di mana hal ini akan membuka peluang untuk berumur panjang.
    Kura-kura dapat bertahan hidup lebih lama tanpa makanan. Itu karena makanan yang mereka proses membutuhkan waktu lama untuk diubah menjadi energi. Mereka juga hewan yang bergerak lambat dan juga santai, dan ini juga akan membutuhkan energi yang lebih sedikit.

  2. Perlindungan dari predator
    Kura-kura dan penyu memiliki tameng yang begitu kuat, yang melindungi hampir seluruh bagian tubuhnya. Ketika predator datang, kura-kura masuk dan berlindung di dalam tempurungnya. Tapi kura-kura yang masih bayi akan sangat rentan akan predator, itu karena tempurungnya belum cukup kuat melindungi mereka. Selain itu, kura-kura terutama spesies pulau lebih memilih untuk tinggal di tempat yang tidak terdapat banyak predator. Setidaknya tidak ada yang akan menyerang mereka berkali-kali dan membuat hidup mereka sulit.

  3. Pola hidup sehat
    Sepertinya kura-kura juga memahami betapa pentingnya makanan sehat untuk kehidupan mereka. Adwaita, salah satu kura-kura yang berumur panjang di era modern ini, saat waktu makan hanya mengonsumsi selada, wotel, dedak gandum, roti, rumput, dan garam.

Sumber :
https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20161019155035-445-166560/rahasia-umur-panjang-penyu-dan-kura-kura/