Mengapa kucing suka menjatuhkan barang?

Ada saatnya kucing bertingkah menyebalkan, misalnya menjatuhkan vas bunga, gelas, atau benda apapun yang pada akhirnya membuat pekerjaan rumah kita bertambah. Mengapa kucing suka menjatuhkan barang?

Menurut Amy Shojai, pakar perilaku kucing bersertifikat, seperti dikutip oleh PetMD, ada banyak alasan kucing menjatuhkan barang, beberapa yaitu:

– Dorongan naluri berburu

Kucing di alam liar berburu untuk memenuhi kebutuhan makannya. Menjatuhkan barang-barang bisa jadi salah satu bentuk dari dorongan naluriahnya tersebut. Kucing menggunakan telapaknya untuk mengetahui dan mengeksplorasi sebuah objek – pergerakan, suara, sentuhan atau rasa dari objek tersebut membantu kucing mengetahui apakah objek tersebut aman. Telapak kaki kucing sangat sensitif.

– Mencari perhatian

Reaksi kita saat kucing menjatuhkan barang memengaruhi keberlanjutan perilakunya. Kalau kita bereaksi dengan kaget dan memarahinya, mereka menganggap itu sebuah perhatian. Kucing kita hewan yang pintar mencari cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, perhatian kita salah satunya.Bisa jadi mereka merasa bisa mendapatkan perhatian kita dengan cara seperti itu sehingga terus menerus melakukannya.

– Senang melakukannya

Alasan lainnya karena kucing merasa senang melakukannya. Kombinasi dorongan berburu, pergerakan objek hingga suara objek jatuh mungkin menjadi kesenangan tersendiri untuk kucing.

Selain alasan-alasan yang disebutkan, Ami yakin masih banyak alasan lainnya karena penelitan terkait perilaku ini belum selesai.

Source : https://petlogue.com/curation/kenapa-kucing-senang-menjatuhkan-benda-dari-meja-ini-penjelasannya/