Mengapa kucing menjilati bulu-bulunya ?

Mengapa alasan kucing selalu menjilati tubuh atau bulunya sendiri ?

Sebenarnya kucing juga mempunyai sebuah kelenjar yang akan segera terangsang ketika ada yang menyentuh bulu-bulunya tersebut. Hal itu bisa disebut sebagai feromon atau bau khas yang dimiliki oleh kucing sebagai sebuah penanda individu tertentu.

Bahkan pada manusia juga mempunyai bau yang cukup khas dan bau khas manusia juga mampu dicium oleh kucing. Jika kucing mencium ada bau asing/bau manusia disekitar tubuhnya, maka bau karakteristik si kucing itu akan menghilang dan malah akan tertutupi oleh bau manusia tersebut. Bau yang ditimbulkan manusia sebenarnya cukup tajam sehingga dapat mengalahkan bau karakteristik yang dimiliki kucing.

Jadi beberapa kucing sering merasa tidak suka dan akan segera menjilati bagian bulu-bulunya untuk menghilangkan / menghapus bau manusia pada tubuhnya tersebut dan bau karakteristiknya pun akan segera kembali. Jadi kita tidak cukup heran ketika kita menyentuh kucing, dan kemudian dia kana lari dan menjauh untuk membasuh dirinya. Selain itu, menjilati bulu kucing juga untuk membersihkan dirinya karena kucing juga termasuk binatang yang suka dengan kebersihan.