Mengapa kucing memakan rumput ? Bolehkah kucing memakan rumput ?

Sesekali pernah menjumpai kucing memakan rumput, padahal kucing binatang karnivora. Apa alasan yang membuat kucing memakan rerumputan ?

Mungkin memang terlihat aneh, karena sepertinya ini tak lazim. Bukankah gigi kucing tidak seperti hewan herbivora yang mengunyah makanannya hingga lama sebelum menelannya?

Sebenarnya kucing memakan rumput bukanlah merupakan hal yang aneh, karena memang ada alasannya kenapa hewan tersebut memakan rumput. Jadi bukan berarti merupakan sebagai bentuk evolusi dari hewan rumahan yang menggemaskan ini.

Ada yang mengatakan bahwa hal ini merupakan pola makan alami, karena rumput juga dapat dikatakan sebagai sayuran yang berfungsi sebagai sumber serat untuk melancarkan proses pencernaan. Namun ini bukanlah alasan utama, karena kucing hanya memakan sedikit rumput dan kemudian memuntahkannya setelah ditelan.

Seperti yang kita ketahui kucing adalah hewan berbulu yang gemar menjilati tubuhnya, bahkan ini merupakan cara yang ia gunakan untuk membersihkan tubuhnya atau sebut saja itu merupakan cara untuk mandi.

Ketika menjilati tubuhnya, bulu-bulu itu ada yang ikut tertelan sehingga terkumpulah/menggumpal menjadi bola bulu (hairball) di dalam pencernaannya. Tentu saja akan sulit untuk dicerna, sehingga kucing perlu untuk memuntahkannya. Dan untuk membantu dalam memuntahkan bola bulu itu maka kucing memakan rumput.

Dengan memakan rumput tanpa dikunyah terlebih dahulu, maka tak mudah untuk dapat melewati tenggorokannya. Sehingga ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan yang dapat menimbulkan rangsangan untuk memuntahkannya, jadi ini menyebabkan rasa ingin muntah pada si meong. Ketika kucing itu muntah, maka gumpalan bulu yang berada di dalam tubuhnya juga akan ikut keluar. Itulah alasan mengapa kucing memakan rumput.

Boleh. Rumput yang di makan oleh kucing berguna untuk membantu proses pencernaannya, terutama untuk mengeluarkan bulu-bulu yang tertelan saat kucing menjilati bulu-bulunya. Bulu yang tertelan setiap hari akan menggumpal dalam pencernaan kucing yang disebut hairboll. Dan mengkonsumsi rumput akan membantu kucing mengeluarkan gumpalan bulu-bulu tersebut. Karena bila gumpalan bulu-bulu(hairboll) yang ada dalam pencernaan kucing tidak dikeluarkan akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan kucing. Seperti, nafsu makan kucing akan berkurang, susah pup, batuk dan lemas.

Sumber:
http://kucing.web.id/kucing-wajib-mengkonsumsi-rumput-hijau/