Mengapa kreativitas sangat diperlukan dalam kepemimpinan ?

kepemimpinan

(Amira Fauzia Rahmah) #1

kreativitas

Kreatif adalah proses pemikiran yang membantu mencetuskan berbagai gagasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga orang tersebut bisa terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya (Anderos : 1961).

Menurut Baron (1969) kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dari dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kreatif adalah kemampuan yang ada dalam diri seseorang untuk membuat sesuatu atau memunculkan ide yang berbeda dari yang ada sebelumnya.

Berdasarkan IBM CEO Study, sebanyak 1500 CEO dari berbagai negara menganggap kreatif merupakan kemampuan leadership yang paling dibutuhkan agar suatu perusahaan dapat sukses di masa depan.

Hal itu dikarenakan dunia selalu mengalamai perubahan yang sangat cepat dan tidak menentu sehingga jika seorang pemimpin tidak bisa berpikir kreatif ,maka produk atau jasa perusahaan tersebut akan tidak berkembang dan para pelanggan akan meninggalkan produk atau jasa itu dan beralih ke perusahaan lain.

Menurut Gerard J. Puccio dengan adanya perubahan, sebuah organisasi dapat naik dan turun lebih cepat dari sebelumnya, dibuktikan dengan perusahaan Blockbuster, Nokia, dan Motorola. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menghadapi peningkatan dunia bisnis yang semakin kompleks dengan munculnya berbagai kompetitor yang semakin memacu seorang pemimpin agar berpikir kreatif dalam mengatasi persaingan dengan para kompetitor.

Seorang pemimpin yang kreatif juga mampu memberikan inspirasi kepada karyawannya untuk selalu memikirkan ide-ide baru sehingga dengan banyaknya ide baru tujuan suatu perusahaan lebih mudah tercapai secara efektif dan efisien daripada menggunakan strategi yang sama terus-menerus.

Selain itu, dengan memfasilitasi kreativitas kepada karyawannya dapat tercipta lingkungan bisnis yang inovatif sehingga suatu perusahaan mampu bertahan di masa depan. Kemudian jika terdapat suatu masalah dalam perusahaan tidak hanya pemimpinnya saja yang mampu berpikir namun semua karyawan mampu berkontribusi agar masalah tersebut cepat terselesaikan.

John Cleese mengatakan bahwa kreativitas bukanlah satu bakat tetapi merupakan cara seseorang mengerjakan sesuatu.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi