Mengapa kosmetik yang mengandung prophyl paraben berbahaya?

Saya pernah menjumpai beberapa kosmetik atau skincare yang didalamnya mengandung prophyl paraben. Apakah prophyl paraben itu berbahaya apabila terdapat di skincare?

Paraben dulunya dianggap sebagai agen xenoestrogent yang mengimitasi estrogen pada tubuh. Efek buruk estrogen sering dikaitkan dengan masalah pada dada dan regenerasi. Berita ini menyebar pada tahun 1990-an. Setelah itu, para peneliti menyatakan bahwa paraben memiliki efek negatif terhadap kesehatan, terutama kanker. Selain itu, pada tahun 2004 peneliti dari Inggris Philippa Dabre, Ph.D menemukan adanya paraben pada tumor payudara yang berbahaya. Menurut penelitian tersebut, ia menyarankan untuk membatasi kadar paraben pada kosmetik.

Konsumen mulai mendengar bahwa paraben adalah penyebab reaksi alergi, kanker payudara, aktivitas estrogenik dan paparan matahari. Perusahaan kosmetik mengalami kerugian karena skandal paraben ini, sehingga mereka memproduksi kosmetik organik bebas paraben. Namun, hingga saat ini, tidak ada penelitian profesional yang membuktikan bahwa paraben menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.