Mengapa Komunikasi sangat Penting dalam Berorganisasi?

Seperti yang kita ketahui, komunikasi merupakan seseorang atau lebih, menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungannya.

Mengapa komunikasi sangat penting dalam berorganisasi ?

1 Like

Terdapat beberapa faktor yang menjadikan komunikasi sangat penting dalam berorganisasi, yaitu :

1. Komunikasi berperan dalam semua aspek bisnis
Setiap organisasi tentu memiliki tujuan bisnisnya masing-masing, tujuan bisnis tersebut bisa dicapai dengan memiliki komunikasi yang baik, Jika suatu organisasi memiliki komunikasi yang baik, maka untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

2. Komunikasi sangat penting dalam pengembangan sebuah organisasi
Hal ini merupakan suatu hal yang membantu para manajer untuk menjalankan fungsi dasar manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, memotivasi, dan mengontrol. Keterampilan komunikasi yang baik tertulis maupun lisan merupakan basis aktivitas bisnis. Dengan demikian dapat diakatakan bahwa komunikasi yang efektif adalah blok bangunan suatu organisasi.

3. Meningkatkan semangat kerja dan kerja sama yang baik
Komunikasi yang efektif pada suatu organisasi akan mendorong semangat kinerja karyawan. Ketika karyawam merasa bahwa mereka mengetahui dengan baik arah dan visi perusahaan, mereka akan merasa lebih aman dalam peran mereka. Hal ini kemudian juga akan meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu, dengan komunikasi yang baik akan menciptakan koordinasi pekerjaan yang baik pula. Sebaliknya, organisasi akan runtuh apabila tidak memilik komunikasi yang baik dan efektif.