Mengapa Komunikasi sangat Penting bagi Para Manajer?

Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Mengapa komunikasi sangat penting bagi para manajer?

Bagi perusahaan besar komunikasi itu sangat penting. Dari komunikasi antar manajer dan karyawan, manajer dengan dewan direksi. Merupakan satu point penting bagi berjalannya perusahaan dengan baik dan sesuai target tujuan perusahaan. Komunikasi memang tidak mudah, dalam membangun hubungan dengan karyawan, manajer sering dihadapi oleh kendala-kendala yang sulit untuk berkomunikasi dengan karyawan dalam menghadapi proyek besar maupun kecil yang sedang dipegang manajer. Oleh karena itu, ada beberapa fungsi komunikasi agar manajer dapat menangani karyawan dengan baik, seperti:

  1. Relationship Building
    Membangun hubungan adalah kunci utama untuk membantu manajer membangun kepercayaan dan persahabatan dengan karyawan. Contohnya, manajer akan mendatangi karyawan saat ada masalah, ketika itu manajer akan memberi umpan balik negatif agar mereka bisa mendengar kesalahannya. Dan waktu berbeda manajer juga akan memberi umpan balik positif, sehingga karyawan akan membawanya ke hati dan memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Di lingkungan kerja ini, sebagai manajer penting untuk membangun hubungan sejak dini.

  2. Employee Engagement
    Salah satu aspek hubungan manajer-karyawan berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan proyek - yang memungkinkan karyawan memberi masukan ke manajer. Sehingga karyawan benar-benar merasa seperti mereka adalah bagian dari proses, mereka akan terhubung ke proyek dengan cara yang lebih bermakna, dan melakukan pekerjaan berkualitas tinggi.

  3. Employee Recognition
    Setiap manajer harus belajar bagaimana mengenali karyawan di tempat kerja dengan benar. Namun, tidak cukup hanya mengenali dan memuji karyawan. Mengakui seorang karyawan atas kerja keras mereka menunjukkan bahwa manajer menghargai kontribusi mereka terhadap organisasi. Sekali lagi, ini merupakan strategi komunikasi lain yang akan memotivasi karyawan untuk berbuat lebih baik.

  4. Employee Coaching
    Pembinaan karyawan, sebagai manajer yang sukses harus melakukan percakapan mendalam dengan karyawan tentang kinerja paling sedikit setiap kuartal. Penting bagi manajer menyimpan percakapan ini sesering mungkin, sehingga benar-benar dapat terhubung dengan karyawan.

Komunikasi adalah kekuatan hidup disuatu perusahaan yang sedang berjalan. Karenanya, karyawan akan tahu di mana mereka berdiri di tempat kerja, dan mereka merasa nyaman di lingkungannya. Dengan ini mereka akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Keterampilan komunikasi yang kuat tidak hanya bagus untuk kehidupan perusahaan, tapi juga membantu manajer memahami bagaimana semua hal terjadi di dalam perusahaan.