Mengapa komunikasi efektif dalam organisasi itu diperlukan?

komunikasi efektif

Dalam sebuah organisasi pasti memiliki banyak karakter yang berbeda disetiap individunya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan organisasi yang baik dan berkembang, setiap individu tersebut harus berinteraksi satu sama lain. Proses interaksi tersebut disebut komunikasi yang merupakan suatu hal yang memiliki peranan cukup penting dalam sebuah organisasi. Proses komunikasi dikatakan efektif jika seorang penyampai pesan atau komunikator dapat menyampaikan pesan-pesan yang baik dan benar kepada penerima pesan atau komunikannya.

Menurut teman-teman, mengapa komunikasi efektif dalam organisasi itu diperlukan?

1 Like

Menurut ku komunikasi efektif sangat di butuhkan dalam organisasi, karena memberikan banyak manfaat bagi individu maupun organisasi tersebut. Alasan umum mengapa komunikasi efektif itu sangat di perlukan dalam organisasi karena untuk menghindari misunderstanding antar anggota organisasi sehingga tidak terjadi perpecahan.
Kesuksesan organisasi sangat dipengaruhi oleh kapabilitas dan kompetensi masing-masing individual dan kerjasama antar anggota tim dalam organisasi. Dalam menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya komunikasi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tiga atau lebih orang yang bekerja sama dalam sebuah tugas atau proyek, akan jauh lebih efektif jika di antara ketiga atau lebih orang ini memiliki pola komunikasi yang efektif. Tanpa adanya komunikasi yang efektif, maka tiga atau banyak orang tersebut akan gagal dalam menjalankan tugas atau proyek.

Organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada, dan organisasi ialah wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Kesuksesan organisasi sangat dipengaruhi oleh kapabilitas dan kompetensi masing-masing individu dan kerjasama antar anggota tim dalam organisasi. Dalam menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya komunikasi. Ditinjau berdasarkan teknis pelaksanaannya, komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan melalui media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh mana kemampuannya, penerima pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu kepada orang yang menyampaikan pesan tersebut kepadanya.

Komunikasi yang efektif dalam organisasi sangat diperlukan karena kemampuan tersebut merupakan faktor penentu kesuksesan setiap individu maupun organisasi untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini. Kemampuan komunikasi seseorang dalam organisasi diperlukan dalam setiap kondisi seperti pada saat mempersiapkan sebuah presentasi bisnis, menyampaikan ide-ide atau gagasan dalam suatu rapat, negosiasi bisnis, melatih tim, membangun sebuah tim kerja, dan dalam setiap aktivitas organisasi. Melihat pentingnya komunikasi dalam organisasi, efektivitas komunikasi akan sangat menentukan kesuksesan organisasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, seorang komunikator harus mampu mengidentifikasi sasaran yang menjadi penerima pesan, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih media, memilih sumber pesan, dan mengumpulkan umpan balik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang efektif dalam sebuah organisasi itu sangat penting karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain dengan berkomunikasi, sedangkan tujuan dari organisasi adalah untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dengan demikian, komunikasi yang efektif dan kerja sama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam organisasi untuk dapat mencapai tujuan organisasi dengan baik.

Sumber

Najih, A. (2017). Efektivitas komunikasi organisasi pimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 146-174.

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen, 7(4), 1-9.

Menurutku, komunikasi efektif di suatu organisasi merupakan hal vital dalam suatu organisasi. Bagaimana tidak, jika tidak adanya komunikasi mungkin yang akan terjadi adalah organisasi tersebut tidak bernyawa. Ditambah lagi di masa pandemi seperti ini, yang memaksa kita untuk terus melaksanakan program kerja. Ketika masa pandemi dengan sistem serba daring (dalam jaringan), mulai banyak anggota yang menghindari pertemuan-pertemuan organisasi atau sering disebut ghosting . Ketika semakin banyak anggota yang menghilang dan menyebabkan kegiatan organisasi tidak berjalan, lebih jauh hal ini akan menyebabkan organisasi menjadi kehilangan nyawanya.
Sesuai dengan pendapat dari Redding dan Sabborn sebagaimana dikutip dalam (Muhammad, 2009) dapat disimpulkan bahwa keberhasilan sebuah organisasi ditentukan oleh keberhasilan proses komunikasi antara pimpinan dan anggotanya. Ketika para pimpinan dapat berkomunikasi dengan efektif dengan para anggotanya, maka pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Sumber:
Arni, Muhammad . 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sebuah perusahaan termasuk sebagai sebuah organisasi. Keberhasilan sebuah perusahaan ditentukan oleh keberhasilan proses komunikasi antara atasan dan bawahan, baik secara keseluruhan perusahaan, maupun di setiap departemen yang ada di dalamnya. Ketika para pemimpin di perusahaan atau departemen dapat berkomunikasi secara efektif dengan bawahan atau anak buahnya, maka pesan yang disampaikan akan diterima dengan baik.

Dalam sebuah organisasi perusahaan, komunikasi efektif memiliki peran yang sangat penting, karena bermanfaat untuk :

  • Meningkatkan produktivitas
  • Mengatasi atau menghindari konflik
  • Membantu mengembangkan potensi setiap karyawan
  • Membentuk suasana kerja yang kondusif dan professional

Komunikasi yang efektif dapat menyampaikan semua informasi penting yang harus diketahui oleh semua anggota tim. Informasi tersebut bisa berupa instruksi kerja, target perusahaan, peran yang harus dijalankan oleh masing-masing anggota tim, sampai masalah yang dihadapi oleh anggota tim. Dengan komunikasi yang efektif, maka langkah setiap anggota tim kerja dapat lebih terarah dalam melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing untuk menuju tujuan yang sama, yang dikehendaki oleh perusahaan.

Menjawab pernyataan diatas, menurut saya komunikasi efektif dalam organisasi itu sangat diperlukan. Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki satu tujuan yang sama, dan cara mewujudkan tujuan tersebut dapat dengan saling bagi tugas agar proses pencapaian tujuan dapat tercapai dengan maksimal. Komunikasi efektif sangat diperlukan karena proses kerja dalam sebuah organisasi itu saling terhubung dan saling membutuhkan satu sama lain. Jika tidak ada keefektifan dalam komunikasi di sebuah organisasi bisa saja menyebabkan kerja yang berantakan dan menyebabkan konflik antar anggota sehingga membuat proses pencapaian tujuan terhambat dan organisasi tidak dapat berjalan dengan lancar.

Di dalam sebuah organisassi keberhasilan tim kerja sangat ditentukan oleh pola komunikasi yang terbentuk antara pemimpin dan para anggota timnya.

menurut saya komunikasi efektif itu penting dalam organisasi untuk menjalankan fungsi dasar manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengontrol. Komunikasi juga membantu untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawab mereka. Pengendalian tidak mungkin dilakukan tanpa komunikasi tertulis dan lisan.

Dalam sebuah organisasi, komunikasi efektif memiliki peran yang sangat penting, karena bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan produktivitas
  • Mengatasi atau menghindari konflik
  • Membantu mengembangkan potensi setiap karyawan
  • Membentuk suasana kerja yang kondusif dan professional

Menurutku, karena untuk dapat mewujudkan organisasi yang baik dan memperlancar proses berjalannya suatu (program atau tujuan) organisasi. Karena komunikasi adalah kunci dari keberhasilan suatu kelompok atau organisasi. Maka dari itu, komunikasi yang efektif sangat diperlukan di dalam suatu organisasi.