Mengapa Kita Tidur?

sleep

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Hampir semua hewan perlu tidur. Seseorang yang sering bergadang tentu pernah merasakan betapa kacau pikiran kita karena kekurangan tidur. Kita jadi mudah marah dan terganggu, atau bahkan mulai berkhayal. Berdasarkan pengujian pada tikus-tikus laboratorium, kekurangan tidur bahkan bisa menyebabkan kemaian. Menurut pengakuan ilmuwan syaraf Dr. Michael Halassa, “Agak memalukan juga, tapi sama sekali belum jelas mengapa kita memerlukan tidur.”

Para ilmuwan mengetahui bahwa tidur ada hubungan dengan sesuatu di otak dan hal itu mungkin merupakan hal yang baik, tapi belum ada yang benar-benar mengerti “sesuatu” yang dimaksud.

Apakah tidur memulihkan energi otak? Apakah tidur membersihkan racun? Benarkah hal itu memperkuat sambungan-sambungan otak yang melemah?

Sejauh ini, ilmu pengetahuan hanya bisa menjawab “Mungkin saja” kepada tiap pertanyaan itu. Begitu banyak organisme yang perlu tidur dan kita mengetahui akibatnya kalau kekurangan tidur, tapi tidak ada orang yang 100 persen yakin tentang caranya tidur bisa membantu kita.

References

https://www.liputan6.com/global/read/3159382/5-pertanyaan-sains-rumit-yang-terdengar-sederhana-bisa-menjawab

Tidur merupakan salah satu kebutuhan untuk memperbaiki proses biologis secara rutin. Selama tidur gelombang rendah yang dalam (NREM tahap IV), tubuh melepaskan hormon pertumbuhan manusia untuk memperbaiki dan memperbaharui sel epitel dan khusus seperti sel otak (Horne, 1983; mandleson, 1987; Born, Muth & Fehm, 1988; dalam Potter & Perry, 2006).

Manusia maupun hewan lain beristirahat dengan tidur. Namun dibalik itu terdapat manfaat tidur yang tidak kita sadari dan merupakan kejadian alami fisiologis tubuh dan merupakan alasan mengapa kita tidur, diantaranya :

  1. Tidur bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mental, emosional dan kesehatan. Dapat menurunkan dan mengurangi stres pada paru- paru, sistem kardiovaskuler (sistem organ), dan endoktrin.

  2. Tidur dapat meningkatkan kemampuan memori dan menjadikannya lebih kuat, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau pembentukan sel-sel yang baru, limbah dan uap kotor dalam tubuh akan terbuang, tidur sebagai penyegaran otak paling alami. Tidur juga dapat menghadirkan ide-ide baru.

  3. Tidur sebagai salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur semua keluhanakan hilang atau berkurang dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang akan dihadapi kemudian.

Imam Ibnu Qayyim ra.mengatakan tidur mempunyai dua manfaat yang besar. Yaitu untuk mengistirahatkan anggota badan dari kelelahan dan untuk membantu proses pencernaan makanan. Karena suhu panas yang muncul ketika tidur akan meresap ke perut dan membantu proses pencernaan terhadap makanan. Dan tidur juga bermanfaat sebagai sarana untuk mengembalikan semangat baru dalam beramal dan beribadah setelah merasa capek.Manfaat tidur sangat besar dalam membantu pemenuhan kesehatan. Tidur merupakan sarana terbaik yang mudah untuk dilakukan, serta memberikan kenyamanan di dalamnya