Mengapa Kita Seringkali Mengulangi Kesalahan yang Sama?

image

Membuat kesalahan merupakan suatu hal yang sangat wajar dilakukan oleh kita sebagai manusia. Mau bagaimanapun sudah kodrat kita untuk berbuat salah di berbagai macam keadaan. Seharusnya kesalahan itu bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk supaya di kemudian hari kesalahan yang sama tidak akan terjadi. Namun faktanya, justru banyak sebagian dari kita yang seringkali tetap mengulangi kesalahan yang sama secara berulang-ulang, baik dilakukan dengan sadar ataupun tidak. Menurut kalian, mengapa kita cenderung melakukan hal tersebut? Seberapa sering kalian mengulangi suatu kesalahan yang sama? Adakah tips yang ingin teman-teman bagikan?

1 Like

Topik yang menarik, bisa jadi catatan juga bagi saya sebagai orang yang pelupa.

Kalau menurut saya karena kesalahan dianggap remeh atau tidak terlalu peduli. Bila saya ambil contoh sederhana misalkan lupa menyimpan dimana kunci kendaraan. Karena ketidakpedulian itu besoknya tetap saya simpan kunci itu secara sembarangan, dan kesalahan terulang.

Padahal bila dalam kondisi mendesak, kesalahan tersebut bisa jadi fatal. Misalkan kondisi sedang buru-buru berangkat kerja atau terjadi kecelakaan pada keluarga atau seseorang di rumah dan kita malah sibuk mencari-cari kunci.

Mungkin jika ditambahkan tips dari saya adalah memperbaiki kesalahan pola pikir tadi. Jangan anggap remeh suatu kesalahan.

1 Like

Mungkin mayoritas orang seperti itu ya kak. Mereka lebih memilih untuk tidak peduli terhadap hal-hal sepele terhadap kesalahan yang mereka perbuat. Namun, di beberapa kasus, saya mengamati justru kesalahan tersebut diciptakan secara sengaja karena suatu kebiasaan atau keadaan mendesak. Sebenarnya jika dijabarkan, orientasinya akan tetap ke rasa ketidakpedulian tersebut. Misalnya, saat berkendara. Aturannya adalah kita tidak boleh ugal-ugalan, taat lalu lintas, memakai helm dan lainnya. Namun, walaupun mereka sadar bahwa itu semua penting, pasti ada saja yang melanggarnya dengan berbagai alasan.

Saya juga termasuk pelupa, khususnya untuk aktivitas-aktivitas yang saya lakukan diluar kebiasaan. Dalam situasi ini, saya akan membuat banyak kesalahan dibandingkan biasanya hehe.

Kira-kira mengapa seseorang sering mengulang kesalahan yang sama? Menurut saya, orang tersebut belum tertampar dari kesalahan sebelumnya. Bisa jadi ia merupakan seseorang dengan karakter yang merasa selalu benar dan sulit menerima saran dari orang lain, sehingga ia merasa yakin dengan apa yang dilakukan meski hasil akhirnya adalah sebuah kesalahan yang bisa dikatakan merugikan dirinya sendiri. Atau bisa jadi ia tipe yang memang tidak belajar dari kesalahan di masa lalu. Ia tidak mencoba mencari penyebab kesalahannya atau pun membuat jalan lain dari rencana awal.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menghindari melakukan kesalahan yang sama? Saya selalu mencoba untuk berpikir sebelum bertindak. Memikirkan skenario, kemungkinan peluang, dan konsekuensi yang bisa saja terjadi. Selain itu mencoba untuk menemukan jalan lain agar tidak melalui jalan buntu yang sama dua kali. Yang ketiga adalah untuk mencatat setiap kesalahan atau kegagalan yang saya alami. Saya menganggap ini sebagai track record yang memudahkan saya untuk menghindari kesalahan yang sama. Yang terakhir adalah niat dan kemauan untuk belajar menjadi lebih baik.

1 Like