Mengapa Kita Perlu Melakukan Penilaian Kinerja?


Sumber foto

Pengertian penilaian kinerja

Penilaian kinerja merupakan suatu penilaian atau evaluasi yang terstruktur terhadap kinerja karyawan untuk bisa memahami kemampuan setiap karyawan yang ada agar HRM dapat merencanakan pengemabangan karirnya lebih lanjut. Penilaian kinerja ini yaitu untuk menilai keterampilan, kemampuan, pencapaian dan pertumbuhan seorang karyawan.

Kita perlu melakukan penilaian kinerja agar:

  • Untuk keputusan kenaikan gaji, promosi dan retensi
  • Menautkan manajemen kinerja ke tujuan perusahaan
  • Agar manajer dapat memperbaiki kekurangan dan memperkuat karyawan
  • Agar dapat meninjau rencana karir karyawan
  • Kebutuhan training serta sebagai motivasi karyawan.

Pentingnya Penilaian kerja memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengambil tindakan-tindakan perbaikan untuk meningkatkan kinerja melalui feedback yang diberikan oleh organisasi dan Penyesuaian gaji, yang penilaian kinerja dapat dipakai sebagai informasi dalam menentukan kompensasi secara layak sehingga dapat memotivasi pegawai.
Seorang manajer harus memberikan keputusan untuk penempatan karyawan nya, agar dapat dilakukan penempatan sesuai dengan keahliannya.
Serta mengadakan pelatihan dan pengembangan melalui penilaian agar mengetahui kelamahan-kelemahan dari pegawai sehingga dapat ditentukan program pelatihan dan pengembangan yang lebih efektif dan meningkatkan adanya perlakuan yang sama terhadap semua pegawai, yaitu dengan dilakukannya penilaian yang obyektif.
Membantu pegawai mengatasi masalah eksternal, dengan penilaian kerja, atasan akan mengetahui apa yang menyebebkan terjadinya ujuk kerja yang jelek, sehingga atasan dapat membantu mengatasinya.,Dengan melakukan Umpan balik pada pelaksanaan fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu dengan diketahuinya unjuk kerja pegawai secara keseluruhan dapat menjadi informasi sejauh mana fungsi sumber daya manusia berjalan baik atau buruk.