Mengapa kita merasa sakit punggung saat bangun pagi


(Cammelia) #1

Sumber gambar : odishaarthritis.com

Para ilmuwan dari Manchester University menemukan bahwa kondisi kaku saat bangun pagi disebabkan oleh ibuprofen alami dalam tubuh.

Ibuprofen adalah senyawa yang biasa terdapat pada obat pereda sakit, demam, dan nyeri. Senyawa anti-inflamasi ini bekerja saat manusia tidur.

Dan ketika jam biologis manusia masuk ke sesi sadar dan terbangun, tubuh secara aktif menekan protein anti-inflamasi tersebut dengan cepat. Proses inilah yang menyebabkan rasa pegal saat bangun pagi.

Dengan memahami mekanisme ini, para ilmuwan tengah mengembangkan obat untuk mengatasi peradangan seperti arthritis, atau peradangan yang menyebabkan kaku sendi hingga sulit bergerak.

“Dengan memahami jam biologis manusia mengelola peradangan pada tubuh, kami dapat mulai mengembangkan pengobatan baru,” kata Julie Gibbs dari the Centre for Endocrinology and Diabetes di Institute of Human Development the University of Manchester.

Gibbs dan rekannya yang lain berusaha memahami mekanisme sel sendi manusia dan tikus dalam menghadapi peradangan. Mereka menemukan, sel pada dasarnya memiliki ritme selama 24 jam.

Namun, ritme tersebut dapat diputus oleh sebuah protein bernama cryptochrome yang memiliki efek anti peradangan yang signifikan. Dan ketika obat diberikan untuk mengaktifkan cryptochrome, senyawa ini dapat memberikan bukti melindungi sel dari peradangan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Federation American Societies for Experimental Biology tersebut dapat mengarahkan pada pengembangan obat rematik baru.

Masalah sendi seperti rematik menjadi masalah yang hampir dimiliki oleh banyak orang. Prevalensi penyakit sendi berdasar diagnosis tenaga kesehatan di Indonesia sebesar 11,9 persen dan berdasar diagnosis atau gejala 24,7 persen.

Selain itu, sebuah studi dari Annals of the Rheumatic Diseases menyarankan untuk mendapatkan tidur malam yang baik dapat diperoleh dengan menghindari kerja malam. Tindakan ini dapat melindungi jam tubuh dan menghindari masalah dengan punggung di kemudian hari.

Sumber : cnnindonesia.com