Mengapa kita memerlukan algoritma sebelum kita membuat kode program?

Sebelum membuat sebuah program, seorang programmer biasanya membuat sebuah algoritma dalam bentuk pseudocode.

Lantas, mengapa mereka membuat algoritma tersebut?

Jika dibuat jawaban singkat maka : Tidak wajib membuat algoritma tersebut namun algoritma itu akan membantu kita nantinya,

Jawaban secara panjangnya adalah : Di dalam programming kita dapat membuat suatu program dari kumpulan kode acak yang mungkin bekerja, namun jika kita menggunakan algoritma maka kita dapat mensketsa bagaimana kita membuat program nantinya. Seperti membuat masakan, jika kita tidak menggunakan algoritma dalam mengolah bahannya mungkin keluarannya akan mirip dengan yang menggunakan algoritma, namun tentu rasa dan teksturnya akan berbeda dengan yang menggunakan algoritma, bisa saja yang menggunakan algoritma menjadi lebih lezat. Jadi kita dapat membuat program tanpa algoritma namun kita ke depannya mungkin akan mengalami masalah dan kebingungan.

Source : https://www.quora.com/Why-do-I-need-to-write-an-algorithm-before-coming-up-with-the-actual-program

Ketika kita sedang ingin membuat sebuah program, alangkah baiknya kita membuat algoritmanya terlebih dahulu. Kita tidak diwajibkan untuk membuat algoritma sebelum membuat program namun, untuk mempermudah dalam pembuatannya, baik program yang simpel maupun program yang kompleks, kita membuat algoritmanya. Dengan mengabstraksi sebuah program dengan algoritma, kita akan secara mudah untuk membuat program yang kita inginkan dengan tepat, cepat, serta akurat. Algoritma juga berguna untuk kita untuk mengetehaui cara secara berurutan agar tidak salah nantinya saat diterjemahkan ke dalam pemrograman Java yang asli.

Sumber : https://www.quora.com/Why-do-I-need-to-write-an-algorithm-before-coming-up-with-the-actual-program

Sebenarnya membuat algoritma (tepatnya menulis model dalam bentuk pseudocode ataupun flowchart dalam selembar kertas) tidak merupakan sebuah kewajiban untuk memulai pembuatan suatu program. Namun pada berbagai persoalan kompleks khususnya dalam pembuatan program/aplikasi yang banyak membutuhkan algoritma kompleks perlu dilakukan suatu perencanaan dalam bentuk algoritma untuk mempermudah pemahaman, pengerjaan dan bug fixing dari program tersebut. Selain itu dengan membuat algoritma kita dapat dengan lebih terstruktur membangun kode yang ada untuk menyelesaikan program.

Sumber: