Mengapa Kita Melihat Benda Tampak Bergelombang Saat Udara Panas?

fatamorgana

Kamu yang sering melihat film kartun atau fiksi pasti pernah menemukan adegan saat berada di tengah gurun pasir yang sangat panas dan semua benda terlihat bergelombang. Bagaimana bisa begitu?

Sebenarnya apa yang terjadi hampir sama dengan yang terjadi pada bintang sehingga terlihat berkelap-kelip di mata kita. Ya, pada saat hari yang sangat panas itu terjadi pembiasan cahaya dari benda yang kita lihat ke mata kita melalui media yang berbeda. Bedanya, cahaya yang datang dari benda masih cukup banyak dibandingkan cahaya bintang yang sampai ke mata kita. Akibatnya, benda tersebut hanya terlihat bergelombang di mata kita, tidak sampai berkelap-kelip seperti bintang.

Bagaimana bisa cahaya benda itu dibiaskan melalui medium yang berbeda? Padahal hanya ada udara di antara benda dan mata kita? Ya, memang hanya ada udara panas, tetapi panasnya juga berbeda-beda, tergantung panas yang diberikan oleh bumi kepada udara tersebut. Perbedaan temperatur ini ternyata juga mempengaruhi pembiasan cahaya yang melaluinya. Akibatnya, cahaya benda tersebut yang melewati udara dengan temperatur yang berbeda-beda akan dibiaskan dengan sudut yang berbeda-beda pula, sehingga terlihat berlekuk-lekuk oleh mata kita.

Lalu bagaimana benda tersebut bisa tampak bergelombang? Jangan lupa bahwa udara panas cenderung naik ke atas. Yang terjadi pada udara di depan kita adalah perpindahan udara panas dan sejuk. Udara panas akan naik dan digantikan oleh udara sejuk. Kemudian, ada udara panas lain yang naik menggantikan udara sejuk itu. Demikian seterusnya. Pola udara panas-sejuk-panas inilah yang membuat cahaya yang diterima oleh mata kita dibiaskan dengan sudut yang berganti-ganti, sehingga tampak bergelombang di mata kita.

Sumber:
sains.me