Mengapa kita jatuh sakit setelah kehujanan?

hujan-hujanan

Main sambil hujan-hujanan memang seru. Namun, biasanya kita akan sakit setelah kehujanan. Kenapa bisa begitu?

Perubahan Suhu Secara Mendadak

Saat kehujanan, tubuh kita pasti langsung merasa kedinginan. Hal itu disebabkan oleh perubahan suhu yang terjadi secara otomatis di dalam tubuh kita. Penurunan suhu itu bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Jika sistem kekebalan tubuh kita menurun, kemungkinan untuk terserang penyakit, seperti demam dan pusing akan lebih besar.

Selain itu, penurunan suhu tubuh juga bisa membuat pembulu darah mengalami penyempitan secara drastis. Jika sudah begitu, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyeimbangkannya. Hal yang dilakukan tubuh kita itu bisa memicu terjadinya pusing hingga nyeri pada bagian kepala.

Infeksi Karena Virus

Keadaan udara yang tiba-tiba turun juga bisa memicu perkembangan virus. Padahal, kekebalan tubuh kita saat udara menurun akan berkurang. Jika sudah begitu, virus akan menyerang tubuh kita dengan mudah. Jadi, tak heran kalau banyak orang yang sakit saat musim hujan tiba, entah itu sakit pilek, flu, demam, dan sakit kepala.

Kandungan Air Hujan

Air hujan itu bersifat asam. Saat air hujan turun, senyawa lain yang ada di udara juga akan terbawa oleh air hujan. Kandungan-kandungan yang dibawa air hujan itu juga bisa membuat kita sakit setelah hujan-hujanan.

Sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Mengapa-Kita-Sakit-Setelah-Kehujanan?page=2