Mengapa kita harus menghindari menjadikan katak liar sebagai binatang peliharaanmu?

image

Apakah katak liar berbahaya untuk kita pelihara? Mengapa kita harus menghindari menjadikan katak liar sebagai binatang peliharaanmu?

Berikut adalah ulasan mengapa harus menghindari katak liar

  • Pertama, akan sulit mengidentifikasi jenis katak yang kamu tangkap. Berbeda jenis katak akan mempunyai persyaratan yang berbeda perihal makanan, suhu dan habitat, jadi bila kamu menyimpan katak liar pada kondisi yang salah, katak bisa saja mati.

    Bila kamu memutuskan untuk mengambil katak dari alam terbuka, pastikan untuk mencatat keadaan di sekitar tempat kamu menangkapnya. Apakah di sekitarnya berdaun banyak, hutan berumput, bersembunyi di bawah batu atau berenang di kolam.

    Akan tetapi, kamu tetap harus mencari tahu jenis katak yang kamu tangkap, dengan mencari gambar dalam jaringan, konsultasi dengan buku yang membahas katak atau bertanya kepada ahlinya. Dengan ini akan membantumu mengidentifikasi kebutuhan khusus dari katak yang telah kamu tangkap.

  • Kedua, banyak jenis katak yang kamu temukan menemui penurunan populasi atau bahkan kepunahan. Mengambil katak dari habitat aslinya dapat menganggu populasi katak, khususnya bila jenis katak tersebut terancam punah.

    Faktanya, mengambil jenis yang dilindungi dari alam adalah perbuatan yang ilegal di daerah tertentu, jadi pastikan untuk mengecek regulasi pada negaramu sebelum menangkap katak liar.