Mengapa Kita harus Mengajarkan cara Berkomunikasi yang Baik Sejak Kecil?

Masa kecil merupakan awal tumbuh kembangnya seorang anak. Anak-anak sudah dapat meniru apa yang kita lakukan. Banyak anak kecil yang sulit berkomunikasi dengan teman sebayanya. Lalu, mengapa kita harus mengajarkan cara berkomunikasi yang baik sejak kecil ?

Keluarga merupakan lingkungan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja yang kita lakukan adalah contoh yang akan ditiru oleh anak kita. Apabila kita melakukan sesuatu yang baik maka anak kita akan meniru perilaku yang baik begitu pula sebaliknya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa setiap kepala seorang anak, terdapat 10 triliyun sel otak yang sudah siap tumbuh. Tetapi, karena satu bentakan atau perkataan yang kasar dapat membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga. Lise Gliot menyatakan bahwa bentakan atau perkataan kasar dapat mempengaruhi perkembangan sel otak anak. Akan sangat berbahaya jika hal itu sering dilakukan orang tua bahkan sampai tak terkendali, maka dapat berpotensi mengganggu struktur otak anak itu sendiri.

Komunikasi sebaiknya kita ajarkan kepada anak kita sejak kecil. Masa kecil merupakan waktunya seorang anak dalam meniru apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Apabila kita telah mengajarkan cara berkomunikasi dengan baik sejak dini, maka ketika dia beranjak dewasa dia dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang-orang. Banyak anak-anak yang tidak diajarkan cara berkomunikasi dengan baik sejak kecil yang dapat memiliki dampak yang buruk bagi kehidupannya di masa depan. Bisa jadi dia menjadi anak yang suka menyendiri dan tidak memiliki teman karena tidak dapat berkomunikasi kepada teman temannya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam mengasah kemampuan berkomunikasi kepada anak kita yaitu dengan cara :

  1. Suasana kekeluargaan yang terbuka, ajaklah anak anda berkomunikasi tentang aktivitas yang dia lakukan hari ini.

  2. Ajarkan anak dalam aktivitas secara berkelompok, agar dapat mengembangkan kemampuan bakatnya.

  3. Kenalkan anak kepada orang yang kita kenal apabila ada kesempatan untuk bertemu.

  4. Orang tua sebaiknya memberikan contoh kepada anaknya.

  5. Bermain memang sangat mudah baik anak untuk mengakrabkan kepada teman-teman sebayanya.