Mengapa kita harus membuat product roadmap ?

Dalam membuat sebuah produk ada banyak tahapan yang harus dilewati, mulai dari mencari ide, menyelesaikan sebuah masalah dengan ide yang ada, membuat validasi atas ide yang sudah dibuat, dll, sampai jadi sebuah produk yang bisa disebarluaskan. Salah satu tahapan dalam membuat sebuah produk adalah, membuat produk roadmap.

Mengapa kita harus membuat product roadmap ?

Membuat sebuah produk roadmap adalah salah satu tahap yang paling penting dalam membuat produk. Hal ini karena, dengan membuat produk roadmap, orang yang membuat produk dapat memvisualisasikan rancangan, sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, produk roadmap juga dapat membantu dalam hal sharing dengan pengguna. Ada beberapa alasan kenapa pembuat produk harus sharing produk roadmap dengan pengguna :

  1. Untuk mendapatkan tanggapan atau masukan
    Dengan membagi produk roadmap, pengguna dapat dengan bebas mengakses dan mendapat informasi tentang produk apa yang akan kita buat. Dengan ini, pengguna juga bisa memberi tanggapan serta masukan tentang produk kita. Dengan banyaknya masukan dan tanggapan, maka pembuat bisa merencanakan produk yang akan dibuat dengan lebih baik dan teliti.

  2. Menunjukan proses pada pengguna
    Dengan adanya produk roadmap, pembuat telah menggambarkan apa saja yang akan dilakukan pembuat terhadap produk ini. Dengan demikian, pembuat dapat memvalidasi dengan lebih baik lagi(karena adanya tanggapan pengguna), terhadap langkah yang sudah dibuat di produk roadmap.

  3. Dapat merubah pandangan pengguna tentang tanggal rilis produk
    Banyak pengguna yang lebih fokus ke tanggal perilisan produk, dari pada apa fungsi sesungguhnya dari sebuah produk. Dengan dibaginya produk roadmap ini, pengguna dapat lebih fokus ke guna dari produk ini, daripada hanya menunggu tanggal rilis dari sebuah produk.

  4. Menunjukkan kebanggaan dalam membuat produk
    Produk roadmap adalah gambaran besar dari produk yang akan dibuat, tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan besar untuk seorang pembuat. Hal inilah yang akan didapatkan ketika produk roadmap dibagi dengan pengguna.

Sumber : https://community.uservoice.com/blog/sharing-product-roadmap-transparency-bastow/