Mengapa Kita Harus Memberi Contoh yang Baik bagi Anak?

Kehidupan seorang anak pastinya lebih banyak terpengaruh oleh kehidupan keluarganya, terutama orang tua. Seorang anak pastinya mulai belajar pertama kali dengan melihat bagaimana situasi lingkungannya. Oleh karena itu, anak akan memiliki beberapa sifat yang mungkin sama dengan sifat orang tuanya.

Anak adalah cermin dari orang tuanya

Bagaimana orang tua bersikap akan ditiru oleh anak. Dari orang tualah anak memperoleh nilai-nilai dasar kehidupan. Dalam menciptakan hubungan dengan anak, terutama jika sang anak telah beranjak dewasa, ciptakan suasana yang demokratis. Tak jarang di era yang modern ini, masih banyak orang tua yang menciptakan suasana otoriter kepada anak-anaknya.

Orang tua tentu punya sifat baik dan buruk. Dan setiap orang tua tentu berharap yang ditiru anak dari dirinya adalah sifat-sifat yang baik saja. Oleh sebab itu, pastikan setiap perkatan, perilaku dan sikap yang kita tunjukkan ataupun dilihat oleh anak merupakan hal yang baik.
Usahakan agar kita tidak menunjukkan sikap buruk kepada anak. Karena, anak-anak dapat menangkap dengan cepat apa yang mereka lihat dan dengarkan kemudian melakukannya. Tak hanya itu, ajarkan sang anak untuk bersikap baik dan alasannya. Baik untuk menjaga lingkungan, bersikap sopan, dan menghargai lingkungan. Ajarkan hal tersebut dengan rasa percaya diri yang baik, karena hal tersebut dapat membantu sang anak menjadi percaya diri dalam melakukan hal-hal baik dan menjadi karakter bagi anak itu sendiri.