Mengapa Kita Harus Membaca Setiap Hari ?

membaca

Membaca dapat membuka jendela dunia, mengapa? karena dengan membaca kita dapat tahu banyak sekali ilmu. Membaca juga menjauhi kita dari kebodohan, dan menjadikan kita memilki wawasan yang luas. Dengan membaca buku, kita dapat mengetahui banyak sekali hal yang kita tidak bisa lihat langsung, seperti misalnya kita ingin tahu tentang keadaan sosial di Negara Barat, dengan membaca kita bisa tahu tanpa harus mendatangi wilayah tersebut.

Mengapa Kita Harus Membaca Setiap Hari ?

Alasan mengapa kita harus membaca setiap hari adalah sebagai berikut :

1. Menyenangkan
Membaca buku sangat menyenangkan. Ada banyak sekali genre yang dapat anda semua nikmati. Drama? Horror? Aksi? Atau bahkan fantasi. Selain itu ada juga yang membahas tentang hal tradisional, seperti kerajaan dahulu.

Happy Books

2. Pengetahuan
Membaca adalah belajar. Apapun buku yang anda baca, apakah itu buku bergenre drama yang kisah ceritanya mendayu-dayu atau teknologi, anda akan selalu mendapatkan informasi baru. Suatu hari itu akan berguna dikehidupan. Selain menjadikan kita seorang yang berwawasan luas, membaca juga bisa meningkatkan percaya diri anda.

3.Meningkatkan Konsentrasi
Kita menghabiskan banyak waktu melakukan banyak hal, terutama saat bekerja. Laptop di depan mata kita, pesan dari teman bermunculan, kertas-kertas menumpuk di meja kita menunggu untuk dikerjakan. Membaca membutuhkan konsentrasi. Anda melakukan satu hal saja. Membaca adalah salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi, selain itu juga anda mendapat banyak informasi dari membaca.

man-trying-to-concentrate

4. Meningkatkan Kemampuan Menulis
Selain menambah kosa kata anda, menulis juga meningkatkan kemampuan menulis anda. Anda mengambil referensi dari penulis lainnya bagaimana mereka menyatukan kata, susunan kalimatnya dan begitu juga tata bahasanya. Anda tidak perlu menjadi penulis untuk merasakan manfaat ini, tetapi manfaat ini juga membantu anda menulis email dan surat di kantor anda.

5. Membuat Tidur Lebih Baik di Malam Hari
Jika Anda terbiasa membaca buku beberapa halaman sebelum tidur, anda akan merasakan tidur anda lebih baik dari biasanya. Membaca buku membuat anda santai saat sebelum tidur, dibandingkan anda menonton televisi atau menatap layar komputer, karena menatap layar perangkat elektronik sebenarnya justru membuat anda susah untuk tidur.

Sumber : http://www.lifehack.org , www.beautyandtips.com , http://theunboundedspirit.com

Kapan terakhir anda duduk dan membaca buku dengan serius?Membaca buku yang bukan hanya membolak-balikan halaman buku yang anda sukai dan bukan hanya membaca sekilas pada surat kabar harian atau koran tetapi membaca secara teratur dari depan sampai akhir. Apabila anda membaca tidak teratur, anda akan kehilangan banyak pengetahuan. Membaca bukanlah suatu hobi melainkan kebiasaan yang dapat membuka pikiran anda secara luas.

Berikut ada 10 dari sekian banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membaca beberapa halaman buku setiap hari.

1. Mengurangi Stres

Membaca sebuah novel yang ditulis dengan baik oleh pengarang dapat membawa anda ke dunia lain dan itu adalah obat yang sempurna untuk mengatasi stres.

2. Memperluas kosakata

Inilah salah satu manfaat membaca yang sangat jelas dan ini juga salah satu yang dapat membantu anda dalam segala aspek kehidupan. Jika anda berjuang untuk menemukan katakata yang mengekspresikan diri anda, maka membaca lebih banyak bisa menjadi jawaban anda. Memperluas kosakata anda akan membuat anda semakin percaya diri dan juga bisa meningkatkan karir anda.

3. Membuat anda lebih mengerti orang lain

Membaca tentang pengalaman dan kesulitan orang lain dapat membuat anda lebih paham. Sangat mudah menilai orang lain dengan tidak baik saat anda tidak mengerti keadaan mereka. Apabila ada membaca seseorang dengan baik anda dapat mengerti tipe individu dan suatasi yang mereka hadapi.

4. Memberi lebih banyak ambisi

Apabila anda membaca buku dan itu diatur pada negeri yang jauh, itu mungkin akan memberi anda ambisi untuk pergi kesana dan melihatnya sendiri. Jika anda membaca sebuah buku seseorang yang memperlihatkan perubahan pada mereka, itu bisa menjadi titik awal anda untuk melakukan hal yang sama. Membaca memberikan anda sekilas kemungkinan lain dan mendorong anda mengerjar lebih banyak impian anda.

5. Memperluas pengetahuan

Hampir setiap buku yang anda baca akan memberi anda beberapa informasi yang tidak diketahui sebelumnya. Bahkan sebuah novel yang sangat ringan akan berisi beberapa fakta yang mungkin bisa anda gunakan pada suatu waktu. Itulah mengapa anda begitu sering mendengar orang mengatakan "Saya tidak tahu bagaimana saya mengetahuinya; Saya pasti pernah membacanya di suatu tempat ".

6. Meningkatkan konsentrasi

Terkadang, kita begitu sibuk pada berbagai tugas sehingga kita lupa duduk diam dan berkonsentrasi dalam satu hal. Saat membaca buku, anda harus berkonsentrasi pada kata-kata di halaman dan terserap dalam cerita.

7. Membuat tidur nyenyak dimalam hari

Jika anda terbiasa membaca beberapa halaman buku sebelum anda tidur, anda akan mendapati bahwa anda tidur jauh lebih baik. Membaca buku yang benar-benar santai dan itu cara yang jauh lebih baik untuk mempersiapkan tidur pada malam hari daripada menonton TV atau melihat layar komputer, karena melihat layar pada perangkat elektronik justru membuat anda merasa lebih terjaga.

8. Meningkatkan kemampuan menulis

Bukan hanya kosakata anda yang akan diperbaiki dengan membaca terlebih bagaimana anda menulis juga. Anda akan mengerti bagaimana penulis membedakan kata-kata itu bersama, struktur kalimat, dan tata bahasa. Anda tidak harus menjadi penulis penuh waktu untuk mendapatkan penulisan yang tepat karena dengan membaca akan membantu anda menulis email dan surat yang lebih baik di tempat kerja juga.

9. Merangsang pikiran

Membaca juga membuat sel-sel otak bekerja lembur dan itu bisa membantu mencegah demensia saat anda sedikit lebih tua. Otak anda tidak berbeda dengan bagian tubuh lainnya; Semakin anda berolahraga, akan semakin sehat dan efisien jadinya.

10. Hiburan yang murah

Jika semua manfaat membaca tidak meyakinkan anda untuk pergi keluar dan membeli buku, pikirkan semua uang yang akan anda hemat dengan menjadi pembaca setia. Sebuah buku berharga sebagian kecil dari harga tiket untuk melihat band favorit anda dan pergi ke bioskop. Membaca akan memberi anda hiburan berhari-hari, tidak hanya beberapa jam.

https://www.beautyandtips.com/productivity-tips/10-reasons-to-read-every-day/

Anda merasa bosan dan lesu ketika harus mencoba membaca artikel di surat kabar apalagi buku yang lengkap. Anda mencoba yang terbaik untuk menghindari setiap keadaan yang membuat Anda dalam posisi yang suram untuk membaca buku, baik itu tugas kelas atau beberapa rekomendasi dari seorang teman. Anda adalah pembuat alasan yang bagus, bukan? Jika iya telah menjadi jawaban atas pertanyaan saya maka bersiaplah untuk menghadapi sebuah fakta Anda. Alasan berikut untuk mulai mengembangkan kebiasaan membaca mulai hari ini, itu akan membuat Anda mempertanyakan diri Anda mengapa Anda pernah terpental dari memanjakan diri atau bermalas malasan dalam kebiasaan ini.

1. Cara terbaik untuk membuang waktu


Berdiri di garis sambil mengambil tiket untuk sebuah film, menunggu di bank, setiap hari berjalan-jalan selama dua sampai tiga jam bisa sangat membosankan. Kita semua telah berada di sana dan menderita melalui itu. Sementara sebagian besar dari Anda mungkin menggunakan lagu atau bermain di ponsel, apakah pernah terjadi pada Anda bahwa membaca majalah atau bahkan buku selalu merupakan pilihan yang lebih baik dan produktif? Pakailah topi pemikiran Anda.

2. Meningkatkan kosa kata


Membaca setiap hari menyebabkan pengetahuan Anda tentang kosakata berkembang. Mengingat kelimpahan genre tulisan, Anda bisa berkenalan dengan kata-kata baru yang berbeda setiap hari. Bagian terbaik tentang kata-kata tertulis adalah bahwa seseorang selalu yakin menemukan kata-kata yang memiliki asal kata berbeda dalam bahasa yang berbeda. Jadi, di sini Anda akan mengikuti Anda sendiri tidak hanya dengan kosa kata bahasa Anda, tetapi juga bahasa orang lain, karena Anda adalah pembaca yang baik.

3. Membantu menyingkirkan kesalahan gramatikal


Semakin banyak Anda baca, semakin dekat Anda mencapai penggunaan prinsip dan aturan tata bahasa dengan baik. Itu akan membantu Anda menghindari kesalahan yang sering dilakukan dalam bahasa. Tanpa banyak membaca, Anda akan lebih rentan terhadap kesalahan eksplisit. Membaca setiap hari, formasi kalimat Anda, penggunaan tanda baca, tanda seru, dan kata-kata menjadi lebih baik. Sekarang, tidak ada proses satu hari pun. Jalan menuju perbaikan bukanlah jalan pintas tapi Anda pasti akan berada di sana begitu Anda memulai perjalanan.

4. Memperbanyak pengetahuan


Pernahkah Anda tahu apa peradaban paling awal di Bumi atau apa yang memicu Revolusi Prancis? Untuk mengungkap misteri-misteri itu, Anda harus menggunakan terbitan berkala dan buku-buku untuk menemukan jawaban Anda yang Anda cari. Membaca akan memberi Anda berbagai informasi dan dengan demikian membuat Anda lebih berpengetahuan luas dalam prosesnya.

5. Merevolusi

Peredaran majalah, surat kabar, dan buku juga media komunikasi yang hebat. Ini menyebar dan menyebarkan berbagai gagasan yang bisa dikaitkan dengan seni, politik, musik terbaru, dan masakan, hanya apa saja. Selain menyebarkan gagasan itu juga menambahkan bahan bakar ke gagasan. Sambil membaca Anda cenderung terinspirasi dan termotivasi untuk mencapai sesuatu yang besar. Bisa sewaktu membaca biografi kepribadian yang menakjubkan atau bahkan saat membaca sepotong fiksi. Dan saat itulah prestasi yang diraihnya masuk.

6. Makes you aware


Membaca koran setiap hari bisa menjadi sumber terbaik untuk menambah pengetahuan umum Anda. Ini membantu pengetahuan Anda tentang apapun dan segalanya, baik itu olahraga, politik, Hollywood, Bollywood, apapun. Anda hanya perlu menyebutkan kelebihannya dan itu ada. Tawarankan untuk duduk dengan buku pengetahuan umum berjam-jam setiap saat sebelum ujian kompetitif dan bawalah kebiasaan sehari-hari Anda kebiasaan membaca koran. Itu akan menghemat waktu juga.

7. Memiliki efek jangka panjang


Deskripsi intens dan rumit yang diberikan dalam sebuah novel akan selalu memiliki kekuatan untuk membuat dampak jangka panjang pada ingatan manusia. Ini meningkatkan kepekaan kita, dan kita dapat terhubung dengan dan memahami alur cerita di berbagai tingkatan. Ini juga meningkatkan kemampuan kita untuk memahami pikiran kita dan membuatnya lebih jelas. Kami masuk ke dalam proses berpikir.

Sumber: https://listaka.com/why-you-should-start-reading-everyday-top-12-reasons/