Mengapa Kita Bisa Mengantuk?

mengantuk

Di dalam otak kita terdapat kelenjar pineal. Kelenjar adalah organ (bagian tubuh) yang mengeluarkan zat-zat, khususnya hormon, yang memiliki fungsi tertentu bagi tubuh manusia. Kelenjar pineal mengeluarkan atau mensekresikan hormon melatonin. Hormon melatonin ini mampu mengontrol hormon-hormon lain supaya bisa mempertahankan circadian rhythm.

sleep

Circadian rythm, atau dalam bahasa Indonesia disebut irama sirkadian, adalah jam biologis manusia selama 24 jam.

Pengeluaran atau sekresi hormon melatonin di kelenjar pineal ini ditentukan oleh cahaya. Hal tersebut dikarena kan di dalam kelenjar pineal terdapat serabut saraf yang beberapa di antaranya berhubungan langsung dengan saraf penglihatan, sehingga sangat sensitif terhadap cahaya.

Hormon melatonin paling banyak dihasilkan sekitar pukul 02.00-04.00 dini hari. Hal ini dikarenakan pada waktu itu gangguan cahaya dari alam paling minimal. Paparan cahaya akan menghentikan sekresi hormon melatonin. Oleh karena itu di malam hari manusia akan lebih mengantuk daripada di siang hari. Ketika gelap, tubuh menghasilkan lebih banyak melatonin. Ketika terang, produksi melatonin menurun.

Terkena cahaya terang di malam hari atau cahaya yang terlalu sedikit di siang hari bisa mengganggu irama sirkadian. Contohnya saat jetlag (yang dirasakan ketika kita baru datang di tempat yang zona waktunya berbeda), bekerja dengan sistem shift (bergilir berdasarkan waktu), belajar dalam kelas dengan penerangan yang kurang, penglihatan buram, dan lain sebagainya.

sumber : http://anakbertanya.com/mengapa-kita-bisa-mengantuk/