Mengapa ketika manusia menguap, kita tiba-tiba tidak dapat mendengar?


(Wina Prinda Hapsari) #1

Ketika saya menguap, untuk beberapa saat saya tidak dapat mendengarkan apapun dari telinga saya. Saya merasa bahwa terdapat sesuatu yang mengganjal di dalam telinga saya. Apakah hal ini benar?

Gambar: wonderopolis.org


(Diana Raden Ayu ) #2

Sumber : lasikmd.com

Menguap adalah perilaku spontan membuka lebar mulut yang dilakukan oleh manusia dan beberapa jenis hewan.

Berikut beberapa alasan mengapa kita menguap :

  • Menguap bisa menjadi tanda mengantuk, kelelahan, atau gangguan tidur

Menurut penelitian Robert Provine, seorang ahli syaraf dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, yang sudah meneliti tentang menguap selama 30 tahun, mengatakan bahwa seseorang menguap sebagai tanda mengantuk, kelelahan, atau gangguan tidur… Menurutnya, orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bangun tidur.

  • Refleks karena kurangnya oksigen dalam darah

Kamu pasti pernah menguap saat merasa bosan atau lelah. Ketika bosan atau lelah, nafas seseorang menjadi lebih lambat. Karena itu ia mengalami kekurangan oksigen dalam darah.

  • Menguap karena untuk mendinginkan otak

Menurut penelitian Andrew C. Gallup, PhD, seorang peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat. Gallup mengatakan, manusia menguap karena untuk mendinginkan otak.

Menurutnya, ketika menguap, Anda akan melakukan peregangan rahang yang sangat kuat sehingga bisa meningkatkan aliran darah pada leher, wajah, dan kepala. Hal itu bisa membantu mengeluarkan hawa panas pada otak. Ketika mengambil napas dalam-dalam saat menguap, udara dingin akan masuk ke dalam rongga sinus dan sekitar arteri karotis menuju ke otak kembali.

  • Menguap bisa jadi tanda penyakit

Menurut penelitian dari National Institute of Health, menguap terus menerus mungkin adalah gejala dari masalah tidur yang berat. Pada sejumlah orang, menguap terus menerus adalah reaksi dari saraf vagus yang mengindikasikan masalah jantung. Pada kasus berbeda menguap juga mungkin gejala dari masalah yang menyerang otak.

  • Menguap Bersifat Menular

Menurut psikolog dan ahli neurosains dari University of Maryland Robert Provine ini bukan reaksi yang aneh. Karena sebenarnya sebagian besar perilaku manusia memang menular. Misalnya tertawa, ini adalah bentuk alami dari empati kata Decker. “Menguap lebih menjadi fenomena sosial dibandin fenomena psikologis,” katanya menjelaskan mengapa kita tetap menguap meski tidak sedang kelelahan.

Hubungan antara menguap dengan pendengaran

Tabung Eustachian adalah kanal yang menghubungkan telinga tengah ke nasopharynx, yang terdiri dari tenggorokan bagian atas dan bagian belakang rongga hidung. Tabung Eustachian juga berhubungan dengan ear drum dan cochlea.

Tabung Eustachian berfungsi mengatur tekanan di dalam telinga tengah, menyamakan dengan tekanan udara di luar tubuh. Sebagian besar waktu tabung Eustachian tertutup, membuka hanya selama kegiatan seperti menguap, menelan, mengunyah dan ketika anda menyeimbangkan tekanan udara (biasanya ketika anda sedang berada di pesawat).

##Mengapa Kita tidak dapa mendengar ketika menguap ?

Alasan utama mengapa kita tidak dapat mendengar ketika menguap adalah karena Tabung Eustachian dalam kondisi terbuka. Sumber suara yang masuk saat itu terdiri dari dua sumber, yaitu dari ear canal dan dari Tabung Eustachian.

Sumber suara yang melalui Tabung Eustachian mengisi middle ear, yang mana, mengurangi kemampuan telinga mendengar suara yang masuk melalui ear canal.

Ketika anda menutup telinga anda, dan mendengarkan suara anda sendiri, disitulah kita bisa tau bahwa kita sedang membuka Tabung Eustachian