Mengapa ketika dirumah tetap harus memakai sunscreen?

sunscreen3

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang wajib digunakan sebelum ke luar rumah karena sunscreen dapat mengurangi resiko terjadinnya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Namun, penggunaan sunscreen ini tidak hanya dibutuhkan ketika akan ke luar rumah saja loh! Meskipun kita sedang dirumah aja dan ngga kemana-mana, penggunaan sunscreen ketika dirumah ini tetap diperlukan.

Nah, menurut Youdics, kenapa sih tetap harus memakai sunscreen ketika dirumah?

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit karena radiasi sinar ultraviolet (UV). Mengingat tentang bahayanya radiasi sinar UV, maka kulit perlu dilindungi meskipun tubuh kita telah menyediakan sistem perlindungan alami. Perlindungan tersebut dapat secara fisik seperti payung, topi, atau perlindungan secara kimiawi dengan menggunakan produk perlindungan dari sinar matahari langsung pada kulit seperti sunscreen.

Aku pribadi selalu memakai sunscreen setiap harinya pada pagi dan juga siang hari meskipun berada di dalam rumah. Hal ini karena menurut Mumtazah, et al., (2020), nilai SPF yang terkandung dalam sunscreen menunjukkan adanya data perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Contohnya sunscreen dengan SPF 15 memiliki daya perlindungan 93% sedangkan SPF 30 memiliki daya perlindungan 96,7%. Untuk itu, diperlukan upaya dalam menjaga perlindungan kulit dengan cara melakukan reapply sunscreen. Tidak hanya itu, dilansir dari klikdokter, dr. Anjali Mahto sebagai konsultan ahli kulit di London mengatakan bahwa penggunaan tabir surya penting dilakukan setiap hari karena dapat mencegah kanker kulit dan munculnya tanda penuaan kulit, meskipun cuaca sedang mendung ataupun hujan. Namun, masih banyak orang di sekitarku yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan sunscreen dengan berbagai alasan tertentu.

Dilansir dari klikdokter, dr. Arina Hedyana menjelaskan bahwa adapun alasan mengapa kita tetap perlu memakai sunscreen ketika berada di dalam rumah yaitu karena terdapat tiga macam sinar UV diantaranya seperti UVA, UVB, dan UVC. Dimana UVA ini adalah sinar matahari yang dapat menembus kaca. Sehingga, ketika sinar UVA masuk ke dalam tubuh melalui tembusan kaca, maka ini akan berdampak buruk bagi kulit. Untuk itu, menggunakan sunscreen ketika berada di dalam rumah sangatlah penting dilakukan guna menghindari resiko kerusakan kulit akibat sinar UV.

Sumber

Mumtazah, Edlia Fadilah. dkk. 2020. Pengetahuan Mengenai Sunscreen Dan Bahaya Paparan Sinar Matahari Serta Perilaku Mahasiswa Teknik Sipil Terhadap Penggunaan Sunscreen. 7(2): 63-68

Tak Kemana-mana, Pakai Sunscreen di Rumah Tetap Penting

Karena jika terpapar sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh sinar matahari akan membuat kulit menjadi kusam, kemerahan atau bahkan menyebakan flek hitam pada kulit wajah. Dalam beberapa hal, sinar UV bermanfaat untuk manusia di antaranya untuk membunuh bakteri dan menyintesis vitamin D. Namun, di samping manfaat tersebut, sinar UV juga dapat merugikan manusia jika terpapar terlalu lama.
Sunscreen ialah produk lotion kimiawi yang dapat digunakan sebagai penyaring sinar radiasi UVA dan UVB. Terkena sinar UV bisa menyebabkan kulit terbakar dan kemungkinan terburuk bisa terkena kanker kulit. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan keriput serta flek hitam. Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Paparan sinar matahari akan menimbulkan kelainan apabila telah melampaui kemampuan kulit dalam mentoleransi efek tersebut. Paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit dapat menimbulkan kerusakan kulit yang besifat akut (cepat) berupa sunburn (terbakar surya) dan taning (pengelapan warna kulit) sedangkan pada kerusakan yang bersifat kronik (lama) dapat menimbulkan gejal photoaging (penuaan dini) hingga kanker kulit. ( Theresia, 2014; Made, 2014, lilik, 2009)
Sehingga, untuk menghindari berbagai dampak mengerikan di atas, sebaiknya anda jangan lupa menggunakan sunscreen setiap hari. Meskipun berada di rumah, kantor, atau ruangan tertutup, suncreen adalah produk yang wajib anda pakai. Walaupun tidak terpapar secara langsung, sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela- sela kaca, pintu, dan juga jendela.

Sumber:
Theresia L. 2014. Molecular and Cellular Effect of UV Radiation. National Simposium Skin Photodamage Up Date. Jakarta
Lilik Norawati. 2009. Pemakaian Tabir Surya Dalam Penanganan Pigmentasi Kulit. Simposium Everything About Skin Pigmentation. Jakarta
Made S. A. 2014. Hubungan Radiasi Ultraviolet Dengan Karsinogenesis dan Infeksi. National Simposium Skin Photodamage Up Date. Jakarta

menurut salah satu artikel yang saya baca, pemakaian sunscreen di rumah tetap perlu dilakukan. hal ini karena, walaupun kita merasa telah terlindungi oleh paparan sinar matahari karena berada di perlindungan atap rumah. ternyata adanta pantulan cahaya dari jendela atau bahhkan sinar dari laptop terbukti sama-sama memiliki dampak buruk pada kulit jika tidak dibantu perlindungannya dengan sunscreen. Ada 2 alasan menurut para ahli mengapa kita harus memakai sunscreen walaupun indoor. pertama kita tetap dapat terkena UVA yang dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan menimbulkan keriput. UVA A ini dapat masuk ke dalam rumah lewat jendela. Alasan ke-2 yaitu adanya sinar Blue Light yang dipancarkan dari layar digital seperti komputer, hp, tv, dan lainnya yang dapat merusak produksi melanin dan meningkatkan radikal bebas di kulit menyebabkan hilangnya kolagen dan elastisitas kulit.

Karena paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan sampai kanker kulit. Radiasi UV memiliki banyak efek negatif terhadap kulit, baik secara langsung maupun tidak langsung (Rabe et al., 2006; Rhein dan Santiago, 2010). Dampak negatif dari paparan sinar UV yang pertama adalah dapat membakar kulit dan itulah alasan mengapa saat keluar siang hari kulit terasa panas dan memerah. Setelah dingin, kulit kita akan menggelap akibat pembakaran tersebut. Kedua, sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan keriput. Orang yang terpapar sinar UV setiap hari akan mengalami penuaan dini. Jaringan kolagen dan kelenjar minyak tidak lagi mampu melembabkan kulit dan meregenerasinya. Dampak paling mengerikan jika terus terpapar sinar ultraviolet adalah menderita kanker kulit. Bukan hanya kulit saja yang diserang, tapi juga kornea mata, hingga dapat mengakibatkan kerusakan mata akibat paparan sinar ulraviolet (Isfardiyana dan Safitri, 2014). Maka dari itu kulit kita perlu dilindungi dengan sunscreen agar kulit wajah dan badan kita terlindungi dan tidak mudah menjadi keriput karena dalam beberapa video dalam aplikasi Youtube yang saya tonton, beberapa beauty vlogger mengatakan bahwa jika dari saat remaja kita sering melewatkan menggunakan sunscreen maka saat tua nanti kulit kita akan mudah keriput.

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit alias skincare yang selalu wajib dipakai sebelum keluar rumah dan pada saat dirumah. Dengan begitu, resiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (UV) dapat dihindari.

Mengapa tetap perlu menggunakan sunscreen di dalam rumah? Ketika cucaca sedang mendung atau tidak tampak cerah karena sinar matahari kita mungkin berpikir bahwa tidak apa untuk melewatkan penggunaan sunscreen padahal terdapat tiga macam sinar UV yang diantaranya adalah UVA, UVB dan UVC. Dari ketiga sinar UV tersebut Bahaya akibat sinar UVA ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat menyebabkan penuaan kulit. Contohnya seperti mempercepat munculnya keriput, flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.
Sedangkan efek yang ditimbulkan dari paparan sinar UVB tidak separah sinar UVA. Pasalnya, panjang gelombang sinar UVB cenderung lebih kecil, sehingga tidak dapat menembus masuk ke dalam rumah seperti sinar UVA. Namun, sinar UVB merupakan dalang utama sebagai penyebab kulit terbakar (sunburn). Maka itu, tidak ada salahnya untuk tetap mencegah kemungkinan buruk dari kedua sinar UV tersebut dengan pakai sunscreen meski berada di dalam rumah atau ruangan. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh ACP Journal Wise, menunjukkan efek positif berkat rutin menggunakan sunscreen. Nyatanya, pakai sunscreen setiap hari, baik berada di rumah maupun di luar rumah, dapat menekan risiko penuaan serta kanker kulit.

Summary

Isfardiyana, SH dan Safitri, SR, 2014 Pentingnya melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan cara melindungi kulit dengan sunblock buatan sendiri, Inovasi dan Kewirausahaan, 3(2), pp. 126–133
Rabe, JH, Mamelak, AJ, McElgunn, PJS, Morison, WL, dan Sauder, DN, 2006. Photoaging: Mechanisms and repair. Journal of the American Academy of Dermatology, 55(1), 1–19. doi:10.1016/j.jaad.2005.05.010
Rhein, LD, Santiago JM. 2010. Agent Skin : Current and Future Therapeutic Strategies 1est In USA. Allu Red Bussines Media p 26-81.

Sepengetahuan saya, karena walau di dalam rumah saja yang tertutup, tapi sinar matahari itu tetap masuk, bukan? seperti lewat jendela misalnya. Walau terhalang oleh kaca atau benda lainnya, tetap saja sinar matahari itu dapat masuk ke dalam rumah dan mengenai kulit kita.

Lalu dijelaskan lebih oleh dr. Arina Heidyana pada artikel KlikDokter, ia menjelaskan, meski sedang berada di dalam ruangan, tabir surya wajib digunakan. Ada tiga macam sinar UV, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVA dan UVB, ini adalah sinar yang memang terpapar langsung oleh manusia. UVB biasanya langsung dari matahari dan UVA adalah sinar matahari yang bisa menembus kaca.

Jadi, dia menambahkan, ketika sinar UVA ini masuk ke dalam tubuh melalui tembusan kaca, ini akan memberikan dampak buruk juga.

Karena itu, menggunakan sunscreen meski sedang berada di dalam rumah juga wajib dilakukan untuk menghindari risiko kerusakan kulit akibat sinar UV.

Meski kita tidak langsung terpapar sinar matahari, sinar yang masuk melalui kaca tetap bisa merusak dan bikin kulit tidak sehat.

Sumber Referensi

Tak Kemana-mana, Pakai Sunscreen di Rumah Tetap Penting