Mengapa ketahanan pangan merupakan permasalahan yang strategis?

Kak izin bertanya, dari banyaknya permasalahan mengapa ketahanan pangan merupakan permasalahan yang strategis?

1 Like

download

Berdasarkan artikel yang saya baca, mengapa ketahanan pangan merupakan suatu permasalahan yang strategis? Hal tersebut dikarenakan ketahanan pangan merupakan kesediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Jika terjadi permasalahan pada ketahanan pangan maka masyarakat akan sulit mengakses dan memenuhi kebutuhan pangannya. Ketahanan pangan berkaitan dengan ketersediaan, akses, pemanfaatan dan stabilitas.
Ketersediaan
Berkaitan dengan suplai pangan melalui produksi dan distribusinya. Produksi pangan ditentukan dengan bagaimana kondisi lahan, kondisi tanah, suhu termasuk pada kepemilikan lahan dan penggunaannya.
Akses
Terhadap pangan mengacu pada kemampuan membeli dan besarnya alokasi bahan pangan dan berkaitan dengan selera individu maupun rumah tangga.
Pemanfaatan
Dimana setelah pangan didapatkan harus memperhatikan faktor mempengaruhi jumlah dan kualitas pangan yang dijangkau oleh anggota keluarga. Bahan pangan yang dimakan harus aman dan memenuhi kebutuhan fisiologis suatu individu,
Stabilitas
Stabilitas pangan berkaitan dengan kemampuan suatu individu dalam mendapatkan bahan pangan sepanjang waktu tertentu. Kerawanan pangan dapat berlangsung secara transisi, musiman, ataupun permanen. Ketidakstabilan di pasar menyebabkan peningkatan harga pangan sehingga menyebabkan kerawanan pangan. Faktor lain misalnya hilangnya tenaga kerja atau produktivitas yang disebabkan oleh wabah penyakit. Musim tanam mempengaruhi stabilitas secara musiman karena bahan pangan hanya ada pada musim tertentu saja. Stabilitas pangan merupakan taraf tertinggi dari tingkatan kepemilikan atau penguasaan pangan. Urutan tingkatan yang dimaksud mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah pertama: ketahanan pangan, kedua: kemandirian pangan, dan ketiga: ketangguhan atau stabilitas pangan.

Begitu pentingnya pangan untuk penduduk di setiap negara, sehingga jika terjadi masalah ketahanan pangan pada suatu negara perlu diperhatikan dan dikedepankan dalam perencanaan pembangunan negara tersebut. Dapat dikatakan juga ketahanan pangan merupakan suatu permasalahan yang strategis karena tidak ada negara yang mampu untuk membangun perekonomian tanpa menyelesaikan masalah pangan terlebih dahulu.

Refrensi
Purwaningsih, Y. 2008. Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan dan Pemberdayaan Masyarakat. J. Ekonomi Pembangunan. 9(1): 1-27.

Menurut saya kak karena ketahanan pangan ini snagat penting dan kursial sekali untuk keberlangsungan hidup manusia. Apabila pangan sudah tidak bisa dipenuhi maka bagaimana nasib manusia, apalgi di Indonesia sendiri rakyatnyà masih sangat bergantung dengan pertanian karena notabennya Indonesia adalah negara agraris

Ketersediaan bahan makanan yang termasuk kebutuhan pangan merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi agar masyarakat bisa hidup sehat dan beraktivitas. Pentingnya pangan menyangkut kesejahteraan hidup masyarakat dan negara, Tanpa pangan, masyarakat tidak bisa hidup dengan layak dan sebuah negara tidak bisa berkembang.

Pentingnya pangan sebagai pemenuhan gizi dan nutrisi masyarakat merupakan salah satu fungsi utamanya. Fungsi ketersediaan pangan bagi masyarakat merupakan fungsi primer atau utama. Dengan adanya pangan, masyarakat dapat hidup dengan sehat dan beraktivitas untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Namun jika tanpa pangan, masyarakat tidak dapat hidup secara sehat, beraktivitas normal, dan bekerja untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

Seiring dengan bertambahnya permintaan pangan karena jumlah masyarakat yang terus meningkat, ketahanan pangan menjadi isu yang banyak dibahas agar masyarakat bisa tetap hidup dan beraktivitas seperti biasa. Ketahanan pangan diartikan sebagai ketersediaan pangan untuk menjamin kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, Indonesia saat ini sedang berupaya untuk meraih ketahanan pangan demi menjamin kehidupan masyarakatnya. Ketersediaan pangan di suatu negara berpengaruh pada kekuatan suatu negara. Oleh sebab itu, ketahanan pangan berbanding sejajar dengan ketahanan suatu negara. Contoh mudahnya, jika suatu negara tidak memiliki ketersediaan jumlah pangan yang mencukupi untuk masyarakatnya, maka bisa dipastikan impor pangan adalah langkah yang pasti akan dilakukan. Jika suatu negara secara terus-menerus mengimpor bahan makanan dari luar, maka bisa dikatakan negara tersebut tidak stabil dan tidak memiliki ketahanan yang kuat. Ketersediaan pangan di suatu negara juga berpengaruh pada ketahanannya karena jika suatu negara tidak bisa mencukupi kebutuhan dasar masyarakatnya, maka kemiskinan, kekurangan gizi, dan wabah penyakit akan menyerang. Bila masyarakat suatu negara sudah tidak dalam kondisi yang baik dan stabil, maka negara tidak akan bisa berkembang atau menjadi lebih baik.

Karena pada akhirnya ketahanan pangan menyangkut kelangsungan hidup. Secara manusiawi kita butuh makan. Ada 5 kebutuhan manusia menurut maslow.
mulai dari yang paling dasar yaitu
1.kebutuhan fisiologis,
2.kebutuhan akan rasa aman dan nyaman,
3. kasih sayang
4.penghargaan
5.dan puncaknya adalah aktualisasi diri.
Berdasarkan hal diatas dapat kita lihat bahwa kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan yg paling utama harus dipenuhi, yg terdiri dari makan ,minum dll.
Itu lah sebabnya mengapa ketahanan pangan sangat Penting.

1 Like

karena pangan merupakan sumber kehidupan manusia, selama manusia masih hidup, makanan akan selalu dibutuhkan, oleh karena itu ketahanan pangan merupakan permasalahan yang selalu dijadikan diskusi yang tak pernah ada habisnya, karena apabila suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya maka bisa dikatakan negara tersebut tidak mandiri dan harus impor dari negara lain, otomatis hal tersebut akan menguntungkan negara lain dan merugikan negara sendiri, lama kelamaan kemungkinan bangkrut atau devisit negara akan terjadi