Mengapa keringat kuda nil berwarna merah muda?

kuda nil

Kuda nil memiliki keringat berwarna merah muda! Unik sekali ya. Mengapa keringat kuda nil berwarna merah muda? Apa perbedaannya dengan makhluk hidup lainnya?

Penemu pertama cairan ini menamakannya sebagai “blood sweat” atau keringat darah. Pada umumnya keringat pada beberapa mamalia, termasuk manusia, disekresikan ke kulit sehingga keringat tersebut menguap dan mendinginkan tubuh.

Akan tetapi, cairan yang keluar dari tubuh kuda nil ini tidak seperti keringat pada makhluk hidup lainnya. Fungsi cairan ini sebagai pelembab kulit yang anti air dan antibiotik. Nah, warnah merah itu sendiri akan tampak apabila terkena sinar matahari.

Kuda nil mencoba untuk menghindari sinar matahari langsung dengan berbaring di dalam air pada siang hari dan melakukan aktivitas makan di malam hari.

Kulit mereka sangat sensitif terhadap kekeringan dan sengatan matahari, sehingga sekresi cairan ini dilakukan sebagai salep kulit otomatis.

Cairan ini juga melindungi kulit ketika kuda nil ada di dalam air. Rincian komposisi kimia cairan sekresi kuda nil yang unik ini masih menjadi suatu misteri yang belum diketahui.

Sumber:
sains.me