Mengapa kemampuan Get The Best From Others diperlukan bagi seorang pemimpin ?

kepemimpinan

(Carlo Julio Caesarrieva) #1

image

Get the best from others merupakan salah satu softskill kepimpinan yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dalam memimpin. Arti get the best from others adalah mendapatkan sesuatu yang terbaik dari orang lain atau memberikan sesuatu kepada anggota atau orang lain.

Hal ini sangat penting karena tanpa adanya softskill ini maka tidak terjadi suatu hubungan timbal balik antara anggota dengan pemimpin yang dibutuhkan untuk mengkordinasikan kerja

Seorang pemimpin mampu mempersiapkan beberapa softskill dalam get the best from others yang diantaranya:

  • Identifikasi kemampuan atau kekuatan
    Identifkasi kemampuan dan kekuatan,menjadi seorang pemimpin harus mampu mengamati kemampuan para anggota-anggotanya serta kekuatan anggota tersebut,karena dengan pengamatan yang baik maka kemampuan anggota dapat dialokasikan ke tempat yang sesuai dan mampu mengembangkan kemampuan tersebut untuk memajukan organisasi menjadi lebih baik,kekuatan juga perlu diamati oleh seorang pemimpin karena kekuatan menentukan batasan kemampuan anggota agar kinerja para anggota tetap optimal sehingga dapat mencapai tujuan atau sasaran organisasi.

  • Empati
    Empati diperlukan untuk mendapatkan hasil kinerja anggota yang baik,mengapa? Karena empati diperlukan oleh para anggotanya untuk mendengarkan dan merespon aspirasi anggota agar para anggota merasa didengar dan direspon dengan baik. Dengan merespon secara empati dapat mengurangi ketengan dalam pekerjaan yang mampu meningkatkan kualitas dan perfroma para anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Namun sebaliknya jika rasa empati seorang pemimpin tidak ada untuk merespon anggotanya maka lapangan kerja tidak bersifat kondusif diakibatkan para anggota yang merasa tegang dan tertekan terhadap beban pekerjaan.

  • Pengalaman
    Pemimpin pastinya berawal dari pekerja baru, namun setelah sekian lama bekerja dan pengalaman dan menjadi seorang pemimpin,itulah yang dicari para anggota-anggotanya. Mereka ingin kemampuan dan pengalaman mereka diasah dari seorang pemimpin yang telah berpengalaman dan melihat kinerja seorang pemimpin yang baik supaya menjadi panutan dan para anggota ingin sama seperti pemimpinnya yang sangat berpengalaman dalam pekerjaan dan problem solving.

  • Perhatian secara personal
    Anggota sangat memerlukan perhatian khusus,karena setiap anggota memiliki emosional dan perilaku yang berbeda maka dari itu pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu berbicara kepada anggotanya baik secara maupun tingkat personal,sehingga pemimpin mengerti dimana kemampuan serta performa tersebut digunakan.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi