Mengapa kelinci memakan kotorannya sendiri?

kelinci

Ternyata kelinci bisa memakan kotorannya sendiri, mengapa hal ini terjadi, apakah normal?

Ketika melihat kelinci memakan kotorannya sendiri, yang dimakan kelinci kemungkinan besar cecotropes. Kelinci sebagaimana beberapa hewan lainnya memiliki keunikan tersendiri dalam sistem pencernaannya.

Apa itu cecotropes ?

Cecotropes, juga disebut ‘night feces’ atau ‘soft feces,’ yaitu kotoran yang berbentuk seperti jelly. sejatinya Cecotropes memang merupakan kotoran, namun Cercotropes adalah bahan yang dihasilkan dari fermentasi makanan dalam bagian dari sistem pencernaan yang disebut ’ sekum.

Cecotropes mengandung kaya nutrisi yang belum terserap langsung dalam tubuh kelinci.

Cecotropes ini mengandung protein yang sangat tinggi dan juga mengandung kadar vitamin K dan vitamin B yang juga tinggi

Bagaimana cecotropes diproduksi?

Untuk membantu memahami cecotropes, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui sistem pencernaan yang ada pada kelinci. Sama seperti manusia makanan akan masuk melalui kerongkongan untuk mengarah kedalam perut. Disana pencernaan memiliki usus kecil yang merupakan penyerap nutrisi yang handal, selanjutnya setelah diserap usus kecil, makanan lolos ke dalam usus besar, pada usus besar memang terjadi penyerapan nutrisi namun tidak terlalu besar.

Perbedaan dengan manusia adalah, kelinci memiliki Coprophagy, yaitu partikel serat besar. Nah kotoran yang masih kaya nutrisi yang belum terserap sepenuhnya pada usus halus dan usus besar ini terkontraksi pada otot (reverse peristalsis) yang dipindahkan ke dalam sekum.

Didalam sekum makanan yang kaya gizi ini di urai oleh bakteri dan menjadi unsur yang mengandung unsur gula sederhana, pati dan asam amino. Dari proses itulah kemudian menjadi kotoran yang kaya gizi yang sewaktu-waktu dipindahkan dari sekum ke Usus besar dan berakhir pada anus.

Beberapa ahli berkata bahwa Cecotropes sangat penting untuk kelinci, bahkan di klaim tanpa Cecotropes kelinci dapat mengalami malnutrisi

Sebenarnya proses ini mirip dengan hewan memamah biak, ketika rumput dimakan disimpan ke rumen, apabila hewan itu butuh selanjutnya makanan yang dari rumen masuk ke kerongkongan kemudian dikunyah lagi. Perbedaannya adalah pada hewan pengerat ini makanan disimpan dibagian sekum yang berada dekat pada Usus besar. Sehingga nutrisi dari makanan dikeluarkan dulu dalam bentuk kotoran selanjutnya nutrisi dimakan kembali.

Bentuk cecotropes

Cecotropes lebih kecil, lebih lembut, dan lebih basah dibanding tinja keras. Mereka tertutup dengan lendir kehijauan, yang membuat mereka tetap bersatu.

Kapan cecotropes keluar ?

Pada kelinci Cecotropes Biasanya keluar pada malam hari maupun Fajar Tapi tidak mutlak

Sumber:TOKOKELINCIKU.BLOGSPOT.COM: Kenapa Kelinci saya memakan kotorannya sendiri