Mengapa Keju berwarna Kuning?

chesee

Susu tidak berwarna putih sejati. Susu mengandung pigmen kekuningan atau oranye yang berasal dari rumput yang dimakan sapi. Pigmen ini bernama beta karoten. Sangat sulit untuk melihat adanya pigmen ini karena susu berbentuk cair. Pigmen mengikatkan diri pada komponen lemak pada susu bukan pada komponen cairnya.

Perlu diketahui, susu tidak berwarna putih sejati. Susu mengandung pigmen kekuningan atau oranye yang berasal dari rumput yang dimakan sapi. Pigmen ini bernama beta karoten. Sangat sulit untuk melihat adanya pigmen ini karena susu berbentuk cair. Pigmen mengikatkan diri pada komponen lemak pada susu bukan pada komponen cairnya.

Pada proses pembuatan keju, komponen cair dihilangkan dari susu. Pada akhirnya, proses ini menyisakan konsentrasi pigmen beta karoten yang lebih tinggi dibandingkan komponen cair susu sehingga keju berwarna kuning. Di musim semi dan musim panas, sapi makan rumput dan tanaman segar lain yang mengandung beta karoten sehingga menghasilkan keju berwarna kuning. Di musim dingin, sapi makan jerami karena rumput tidak tumbuh sehingga menghasilkan keju yang berwarna pucat. Warna keju yang kuning dirasa lebih menarik dan berdaya jual tinggi sehingga para pembuat keju mulai menambahkan bahan lain untuk menghasilkan warna kuning atau oranye pada keju tanpa merusak rasanya.

Sumber:
sains.me