Mengapa kebaikan ada yang menyakiti seseorang?

Kind

Berbuat baik adalah perilaku yang selalu diwajibkan setiap orang untuk dilakukan. Entah kebaikan kecil seperti membantu menyebrang jalan, memberi permen, berbagi makanan, dll bisa membuat orang lain bahagia. Namun apakah kebaikan bisa menyakiti orang lain? Mengapa? Dan apakah kita harus tetap melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain meskipun akan menyakiti mereka?

1 Like

Perilaku atau tindakan kebaikan ini sangat perlu kita miliki sebagai manusia yang hidupnya tidak bisa sendirian. Memiliki sifat saling itu sangat perlu, saling sayang, saling memberi, saling berbagi dan semacamnya. Karena dengan begitu setidaknya kita dapat bermanfaat sebagai manusia dan dapat membantu orang yang memang membutuhkan. Tapi perlu diingat, tidak semua orang yang sedang kesulitan itu butuh dibantu, butuh diberi, atau butuh ditolong. Karena pada kenyataannya ada sebagian orang yang tidak menyukai atau bahkan merasa tersakiti ketika kita mencoba untuk membantu persoalan hidupnya. Bisa jadi maksud dari kebaikan kita dianggap sebagai rasa iba kita saja terhadap orang tersebut, dan orang tersebut menganggap ketika ia dilihat/ ditatap dengan perasaan iba ia merasa rendah diri, dan merasa hanya dikasihani bukan bentuk dari kepedulian atau kebaikan.

Maka dari itu, sangat penting untuk dapat membaca situasi dan kondisi dari persoalan yang sedang terjadi di hidup seseorang. sekadar bertanya “apa aku bisa bantu?” atau “apa kamu perlu bantuan aku?” itu sangat membantu seseorang untuk meminimalisir perasaan tersakiti dari niat kita yang sebenarnya hanya ingin menolong/ peduli.

iya, ada beberapa kebaikan yang bisa menyakiti seseorang. sesuatu yang berlebihan itu kadang tidak baik, begitu juga dengan kebaikan. ada kalanya sebelum kita memberikan pertolongan tersebut kita bertanya, apa yang bisa ditolong? agar porsi yang kita berikan tidak berlebihan dan tidak membuat orang tersebut yang ditolong merasa tersinggung. tetap lakukan kebaikan mesti itu menyakiti mereka. karena biasanya orang yang sedang tersakiti itu mereka sedang dibelenggu oleg ego dan gengsinya. suatu saat mereka akan tersadar oleh niat baik itu. walau awalnya mungkin akan marah marah. tapi seiring berjalannya waktu hati mereka akan sembuh dan terbuka dengan lebar, serta matanya akan terbuka melihat kebaikan itu dengan tulus.

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " MENGAPA KEBAIKAN ADA YANG MENYAKITI SESEORANG?"

Menjadi kasar atau pedendam akan membuat Anda terlihat lebih buruk. Tidak peduli betapa menyakitkan situasi Anda, penting untuk tetap[ bersikap baik pada orang lain. Berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda harus tetap baik pada orang yang sudah menyakiti Anda.

1. INI MENUNJUKKAN BETAPA BAIKNYA ANDA.

  • Meski Anda tidak perlu membuktikan apapun kepada siapapun, ramah pada orang yang telah menyakiti Anda akan membuktikan seberapa cantik dan cerdas Anda. Banyak dari kita yang tak bisa menemukan kata-kata yang tepat untuk mengatakan hal-hal baik pada mereka yang sudah menyakiti kita. Cobalah untuk lebih ramah terhadap orang di sekitar Anda, bahkan jika mereka menyakiti Anda berkali-kali. Ini untuk mengilhami mereka bersikap yang sama.

2. MELEMBUTKAN SIKAP ANDA TERHADAP MEREKA.

  • Alasan lain untuk lebih ramah terhadap orang yang sudah menyakiti Anda adalah untuk melunakkan sikap Anda terhadap mereka. Tentu, Anda bisa saja membalas mereka tanpa ampun, tapi itu hanya memperburuk situasi. Ramahlah terhadap mereka dan ini adalah cara cerdas menanggapi mereka. Dengan cara ini, Anda akan merasakan benci di hati berkurang sedikit demi sedikit.

3. ANDA TIDAK AKAN MERASA SENGSARA ATAU BERSALAH.

  • Jika Anda baik pada orang-orang yang telah menyakiti Anda, Anda tidak akan merasa sedikitpun bersalah pada mereka. Jika kasar, maka itu membuat Anda down untuk dua hal. Pertama, Anda akan sengsara karena mungkin memang mereka telah menyakiti Anda, tapi Anda sayangnya membalas mereka. Kedua, cara terbaik untuk menanggapi kekejaman seseorang adalah tersenyun dan bersikap baik pada mereka yang telah menyakiti Anda.

4. ANDA AKAN MERASAKAN KEBAIKAN UNTUK DIRI SENDIRI.

  • Saat Anda ramah terhadap seseorang yang telah menyakiti Anda, Anda akan merasa diri Anda lebih baik ketimbang orang itu. Kasar tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Selalu beri contoh baik pada orang lain dengan ramah maka orang lain akan menghargai Anda.

REFERENSI

Burns, D.D. 1998. (Alih Bahasa: Anton Soetomo). Mengapa Kesepian, Program Baru yang Telah Diuji Secara Klinis untuk Mengatasi Kesepian. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Memang benar bahwa berbuat baik itu perlu dilakukan oleh setiap orang kepada sekelilingnya. Namun saya juga percaya bahwa suatu kebaikan dapat menyakiti orang lain. Hal tersebut dikarenakan terkadang apa yang dianggap baik belum tentu juga dianggap sama oleh orang yang dibantu. Ada kalanya ketika seseorang dibantu justru bantuan tersebut melukai harga diri, ego, atau gengsinya. Ia merasa mampu menghadapi permasalahannya sendiri dan tidak perlu bantuan orang lain, namun tanpa ia sangka, ia mendapat bantuan dan merasa itu melukai harga dirinya. Saya merasa bahwa kebaikan perlu dilakukan secukupnya, kita bisa tetap melakukan kebaikan untuk orang lain dan sekeliling kita tanpa menyakiti mereka. Contoh paling sederhana adalah dengan menanyakan terlebih dahulu, apakah ada yang bisa dibantu. Dengan pertanyaan tersebut, saya rasa seseorang menjadi lebih merasa dihargai atas kemampuan dirinya sendiri dan tidak tersakiti atas bantuan dari orang lain.