Mengapa Kadal New Mexico semuanya betina?

New-Mexico-Whiptail

Banyak manusia yang takut dengan kadal. Mungkin karena bentuknya yang menggelikan. Ada Kadal New Mexico Whiptail yang semua kadalnya berkelamin betina, tidak ada yang jantan. Pernah dilakukan kawin silang antara Striped Whiptail dengan Western Whiptail. Tetapi, kadal jantan yang dihasilkan tidak cukup sehat. Sehingga, tidak ada kadal jantan, tidak membuat populasi Kadal New Mexico Whiptail punah. Bagaimana bisa seperti itu?

dari sumber menyebutkan, Sejumlah hewan invertebrata atau hewan tak bertulang belakang memang banyak yang diketahui bisa bereproduksi dengan cara parthenogenesis, tapi tidak dengan hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang. Adalah hal yang langka apabila hewan vertebrata bisa berkembang biak secara aseksual, seperti yang terjadi pada Kadal New Mexico Whiptail.

Fun fact tentang Kadal New Mexico Whiptail adalah, semua kadal tersebut adalah betina, tidak ada yang jantan. Pernah dilakukan kawin silang antara Striped Whiptail dengan Western Whiptail. Sayang, kadal jantan yang dihasil tidaklah dalam kondisi sehat. Ketiadaan kadal jantan tidak membuat populasi Kadal New Mexico Whiptail punah. Kadal betina masih bisa bertelur maksimal 4. Tentu, yang menetas adalah kadal betina juga.

sumber