Mengapa K-Drama menjadi tontonan favorit masyarakat Asia, bahkan dunia?

k-drama

Drama Korea telah mengubah industri hiburan Asia dan menjadi acara favorit jutaan pemirsa layar kaca. Jika dulu K-Drama hanya disukai masyarakat Asia, kini orang dari berbagai belahan dunia pun mulai menonton dan membicarakannya. Bahkan K-Drama telah berhasil menggeser telenovela.

Japan Times menurunkan artikel pendek mengapa drama Korea bisa membius masyarakat Asia. Menurut mereka, kisah cinta Platonik, visual yang indah, dan karakter yang unik membuat drama Korea begitu disukai. Pakar periklanan dari Singapura, Jamayne Lam, menyebut penokohan dan pemilihan tokoh dari drama Korea menjadi penting. Misalnya tokoh utama yang tampan dipadu dengan bintang senior yang menarik. Ia menyebut nyaris mustahil berhenti menonton drama Korea begitu Anda memulainya.

Di Cina, drama Korea Descendants of the Sun dilarang dan aktornya Song Joong Ki dilarang tampil dalam semua bentuk media di Cina. Sebelumnya, drama Korea ini mencapai 440 juta penonton di Cina. Ia dilarang dengan alasan degradasi nasionalisme dan semangat kebangsaan.

Di Indonesia, Hallyu telah menyeruak dan ada di sekitar kita. Hallyu atau Korean Wave atau Gelombang Korea adalah produk-produk kebudayaan populer Korea Selatan yang berbentuk film, lagu, dan drama. Salah satu variannya, drama, menjadi tontonan yang paling banyak ditonton secara ilegal di seluruh penjuru dunia.

Ini terjadi karena banyak sekali Drama Korea yang tidak ditayangkan secara langsung di negara-negara. Drama-drama ini kadang hanya muncul di beberapa situs resmi stasiun TV setempat, sehingga bagi yang mereka tak punya akses, mereka memutuskan menonton drama ini melalui situs-situs streaming ilegal.

Bagi Anda yang belum pernah menonton Drama Korea, Tim Riset Tirto menurunkan beberapa rekomendasi drama yang bisa ditonton untuk memulai kecintaan terhadap Hallyu. Tim Riset Tirto mempertimbangkan pilihan berdasarkan kepopuleran, rating, dan alasan personal seperti aktor yang tampan/cantik. Beberapa drama ini dimulai seusai tahun 2002 dengan pertimbangan kemudahaan akses tontonan di jasa layanan streaming. Kami terbuka pada rekomendasi dan Anda bisa memberikan alasan rekomendasi tontonan Drama Korea klasik di kolom komentar.