Mengapa Jim Geovedi dapat dikatakan sebagai orang indonesia yang berpengaruh pada dunia?

Jim Geovedi

Jim Geovedi adalah seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama asal Indonesia yang berfokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi dan satelit.

Mengapa Jim Geovedi dapat dikatakan sebagai orang indonesia yang berpengaruh pada dunia ?

Jim Geovedi

Jim Geovedi telah menapaki langkah sukesnya dengan cara alami serta rasa syukur yang telah diperolehnya. Kepopulerannya perlahan menjadikan Jim Geovedi bahan perbincangan dalam berbagai acara seminar terkait teknologi informasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Terbukti dengan kemampuan Jim Geovedi yang mampu meretas satelit kian membuat namanya semakin tersohor yang kemudian membawanya pergi dari Indonesia pada tahun 2012. Jim memutuskan untuk menetap di London serta mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi dengan memiliki pelayanan untuk menangani para klien yang membutuhkan jasa pengamanan sistem satelit, perbankan, dan telekomunikasi.

Referensi:
http://validnews.co/Jim-Geovedi--One-Of-The-Most-Dangerous-Person--tMA

Jim Geovadi dengan kemampuan hackernya dapat mengendalikan jaringan internet diseluruh Indonesia.Jim sangat berpengaruh di dunia dikarenakan ia bisa meretas dua satelit Indonesia dan Cina.

Meskipun mempunyai keahlian yang sangat bagus,tapi Jim tidak mau memanfaatkan keahliannya untuk melakukan hal-hal yang merugikan orang lain seperti yang Jim sampaikan dibawah ini:

“Kalau mau, saya bisa mengontrol internet seluruh Indonesia. Saya bisa mengalihkan traffic (lalu lintas data-red) , saya bisa mengamati traffic yang keluar ataupun masuk Indonesia. Saya bisa memodifikasi semua transaksi keuangan dengan kapasitas saya itu mungkin saja dilakukan. Tapi buat apa? Saya termasuk orang yang bersyukur atas apa yang saya punya. Saya enggak punya interest berlebihan soal materi”.

Keahlian Jim ini sendiri adalah Jim bisa mengubah arah gerak atau bahkan menggeser posisi satelit. Selain itu banyak hal-hal positif yang dilakukan oleh jim yaitu :

  1. Membantu KPU mencari pelaku peretas dan pembobol data perhitungan suara pemilu 2004
  2. Tahun 2003 ketika wireless masuk ke Indonesia,Jim diminta menjadi pembicara di Kuala Lumpur tentang bahaya sistem itu
  3. Tahun 2006 menjadi pembicara isu sistem keamanan satelit

Dalam sebuah pertemuan hacker dunia, Jim memperagakan cara meretas satelit, oleh karena itu nama Jim sangat terkenal sebagai hacker indonesia dengan reputasi global. Pengaruh Jim di dunia sangat besar serta mengambil peran dalam sistem keamanan satelit. Tapi jim menolak bahwa dirinya adalah ahli.

“Ia menganggap bahwa dirinya sebagai pengamat atau partisipan aktif dalam seni mengawasi dari tempat yang jauh dan aman”

Referensi:

Jim Geovedi berpengaruh pada dunia karena pada tahun 2012 itu ia terbukti dapat menggeser sebuah satelit. Geovedi mengaku pernah meretas dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Lebih dari itu, dia bisa saja mencuri data-data penting: lalu lintas transaksi bank, laporan keuangan perusahaan atau bahkan mengamati sistem pertahanan negara.

Dalam wawancara dengan Deutsche Welle, Geovedi mengatakan bahwa dengan kemampuannya, ia bisa mengendalikan jaringan Internet di seluruh Indonesia, mengalihkan lalu lintas datanya, mengamati lalu lintas data yang keluar masuk, dan memodifikasi semua transaksi keuangan, namun ia tidak tertarik melakukannya.

Referensi

1 Like

Menurut saya Jim Geovedi merupakan orang yang luar biasa. Ia hanyalah seorang lulusan SMA namun mampu meretas satelit dan mengubah arah rotasi satelit tersebut. Pengalaman ilmu tersebut ia dapatkan secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para hacker ternama di dunia.

Saya sepakat bahwa ia adalah orang berpengaruh pada dunia. Dengan kemampuannya ia bisa saja meretas hal apapun yang ada di dunia, termasuk keamanan negara. Seperti pembobolan bank, pengalihan alur jaringan satelit pesawat militer, menyusup untuk memata-matai suatu negara, bahkan mengambil arsip dokumen rahasia milik suatu negara yang hal tersebut merupakan hal privasi tingkat tinggi oleh suatu negara. Namun ternyata Jim tidak tertarik kepada hal tersebut.

Dan menurut saya, Jim Geovedi membuktikan bahwa gelar akademik bukanlah jaminan untuk menjadi orang sukses. Jika ada niat untuk belajar, lulusan SMA pun bisa menjadi peretas yang di takuti dunia :slight_smile:

Sumber :
How to Hack the Sky
Security fears raised at conference

1 Like