Mengapa Ir Soekarno yang diamanahkan untuk menjadi presiden pertama di Indonesia?


Mengapa Ir Soekarno yang diamanahkan untuk menjadi presiden pertama di Indonesia?

1. Jasa Perjuangan
Sebagai orang terpelajar, soekarno sudah berjuang melawan penjajahan sejak muda. Namun tidak melalui senjata, melainkan melalui pidato dan tulisan yang mengobarkan semangat kemerdekaan kepada seluruh rakyat.

2. Berdiri diatas semua golongan
Meski soekarno berasal dari golongan Nasionalis, Ia dapat merangkul golongan-golongan lain seperti Islamis, Sosialis, dan komunis yang saat itu sama-sama memiliki pengaruh diawal kemerdekaan. Ia adalah nasionalis sejati, namun ia juga pernah mengatakan bahwa ia juga seorang sosialis. Ia pernah di didik oleh tokoh besar Syarikat Islam dan bergabung dengan muhammaddiyah. Dan ia juga penganut ideologi marhaenisme yang perjuangnanya mirip dengan komunis yakni membela kaum proletar.

3. Pemimpin yang dibutuhkan zamannya
Sukarno adalah sosok pemimpin yang demokratis, tegas, dan menawarkan visi masa depan indonesia yang sangat diharapkan rakyat indonesia.

4. Tokoh paling menonjol dalam persiapan kemerdekaan
Soekarno sudah membuat kagum anggota sidang BPUPKI saat pertama kali menyampaikan gagasan tentang pancasila sehingga ia ditunjuk sebagai ketua panitia sembilan. Soekarno juga terkenal kooperatif dengan jepang sehingga jepang menunjuk soekarno menjadi ketua PPKI.

5. Proklamator kemerdekaan Indonesia
Bung Karno adalah tokoh yang dianggap paling pantas menurut kaum muda untuk membaca teks proklamasi menandai berdirinya negara, maka tentu lebih pantas lagi bagi beliau untuk menjadi presiden negara yang pertama.