Mengapa intuisi berperan penting bagi seorang pemimpin ?

kepemimpinan

(Arnezha Tinar) #1

Intuisi dalam kepemimpinan

Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.

Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran atau bisa dikatakan sebagai spontanitas. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan sebuah keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya.

Tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psikologi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

Rasa intuisi ini merupakan rasa yang berasal dari mental kesadaran akan sumber pengetahuan. Kita mungkin terasa tiba-tiba ada yang mendorong untuk melakukan atau memperlambat perjalanan tanpa sadar maupun alasan tertentu untuk mencapai keputusan.pribadi.

Jika orang yang selalu sibuk dengan rutinitas yang sama setiap hari, maka akan sulit dalam menemukan sebuah intuisi dalam dirinya, sebab dia tidak mengenal intuisi selain bekerja mengikuti prosedur atau kebiasaan sehari - harinya.

Manusia cerdas akan melatih intuisinya untuk memahami kehidupan hari ini buat hari besok.

Intuisi yang terlatih secara sempurna akan dapat menghasilkan sebuah gagasan – gagasan yang berkualitas tinggi, untuk menciptakan karya masa depan yang luar biasa.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mencapai intuisi diantaranya :

  • Pergunakanlah empati alami kita sesering mungkin, bayangkan diri kita berada dalam posisi orang lain atau dengarkanlah pengalaman – pengalaman orang lain dan rasakan bagaimana mereka merasakanya saat itu jika kita berada pada posisinya, lebih baik lagi anda dapat memberikan solusi – solusi yang dapat memecahkan atau menyelesaikan atas segala permasalahanya.

  • Semakin dalam perasaaan kita terlibat, maka semakin kuat pula intuisi yang akan kita miliki, atau semua pengalaman buruk orang lain bisa memperkuat intuisi kita tanpa kita harus mengalaminya sendiri.

  • Selain itu cara lain untuk meningkatkan dan mencapai sebuah intuisi diantaranya sadari bahwa kita memiliki pikiran bawah sadar yang luar biasa, semua jawaban dan solusi terbaik akan muncul dari bawah sadar kita.

  • Selanjutnya nyatakan dengan jelas solusi atau apapun yang kita inginkan dari pikiran sadar kita, jawaban, inspirasi, impian, wawasan maupun ide apapun. Ulangi beberapa kali jangan menekan maupun memaksa cukup nyatakan dengan yakin selanjutnya selalu rilex dan isi pikiran kita dalam keyakinan dan keimanan, pengharapan bahwa jawaban yang akan kita dapatkan adalah jawaban yang benar dan akan membantu mencapai kesuksesan kita.

Ketakutan akan menghalangi intuisi dan ketika dihalangi, intuisis akan lebih kuat dengan mengadakan balasan.

Oleh sebab itu, biarkan diri kita untuk merasa takut, jangan menahan bagian manapun dari rasa takut, tapi fokuskan secara langsung bahwa kita berada diatasanya dan mengendalikan rasa takut hingga berakhir, setelah itu kita akan merasa lebih kuat dengan lebih banyak kejelasan.

Membiarkan diri untuk merasakan ketakutan akan memperkuat intuisi karena hal itu berarti mengajarkan diri untuk mendengarkan suara dari lubuk hati dan menerima rasa takut apa adanya.

Setiap orang memiliki pengalaman intuisi yang baik. Hal ini sangat menyentuh semua lapisan yang menjadi rohani, emosi, mental dan fisik.

Intuisi merupakan hal yang penting, mengapa demikian, kerena intuisi dapat :

  • Membantu mengurangi stress dengan mengidentifikasi dan menangani masalah secara lebih efektf, dapat mengeluarkan kreativitas dan imajinasi
  • Menghindari terjadinya penumpukan emosi dan fikiran – fikiran yang negatif
  • Membantu keputusan yang lebih integrative
  • Meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional kita sehingga intuisi seharusnya dikembangkan oleh tiap individu.
  • Merupakan sarana ekspresi diri kreatif, terutama dalam dunia seni, music dan sastra.

Namun intuisi tidak terbatas pada seni kreatif saja. Banyak orang yang mencapai sukses luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan, bisnis dan kewirausahaan menarik banyak keberuntungan dan ketenaran karena kemampuan mereka dalam membuat suatu keputusan penting dengan mengikuti firasat, atau intuitif atau insting.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi