Mengapa ikan tidak pernah berkedip?

ikan

Mungkin kamu heran kenapa ikan matanya tidak pernah menutup atau berkedip padahal dia hidup di air, apa matanya tidak kemasukan air ya?

Jawabannya karena ikan punya kelopak mata ketiga atau membran nictitans. Kelopak mata ini berbentuk membran transparan yang berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran yang masuk atau untuk membasahi bola mata secara cepat. Kalau kelopak mata biasa gerakannya menutup ke atas dan ke bawah, kelopak mata ketiga ini gerakannya ke kanan dan ke kiri sehingga tegak lurus dengan kelopak mata lainnya.

Sebenarnya setiap hewan memiliki kelopak mata ketiga. Namun, ada beberapa hewan yang lebih intens dan optimal dalam menggunakan kelopak mata ini. Burung elang dan burung hantu, misalnya, mereka menggunakan kelopak mata ini untuk melindungi mata saat bertarung atau saat menerkam mangsanya. Hewan-hewan yang hidup di air seperti ikan, buaya, kura-kura, dan katak menggunakan kelopak mata ketiganya untuk melindungi matanya saat berada di dalam air. Kurang lebih fungsinya seperti kacamata renang bagi mereka.

Menurut teori evolusi, manusia juga punya sisa-sisa membran nictitans Coba kamu lihat mata kamu di depan cermin, perhatikan bagian ujung mata yang dekat hidung, ada semacam mebran berwarna putih di sana. Ya, itulah membran nictitans yang dimaksud. Namun, pada manusia membran ini sudah tidak berfungsi lagi seperti pada hewan.

Sumber:
sains.me