Mengapa ikan Oscar berenang miring ?

Ikan oscar

Ikan oscar adalah ikan air tawar yang memiliki tubuh dengan rupa yang indah sekali. Seluruh tubuh ikan ini dipenuhi oleh perpaduan warna antara hitam, cokelat, dan jingga. Ikan oscar yang berenang miring, selain kasihan, juga tidak enak dilihat. Mengapa ikan Oscar berenang miring ?

Penyebab 1. Ikan sedang Beradaptasi

Ikan oscar yang baru Anda masukkan ke akuarium membutuhkan proses adaptasi terhadap lingkungan barunya. Ikan ini akan terus berusaha menyesuaikan tubuhnya dengan kondisi air di dalam akuarium. Hingga ikan ini pun harus merasakan kondisi yang paling sekarat untuk bisa terus bertahan hidup. Salah satunya ditunjukkan oleh perilaku ikan yang gaya berenangnya miring. Hal ini berarti dia masih belum bisa menyesuaikan diri.

Penyebab 2. Ikan Terserang Penyakit

Ikan oscar yang sedang sakit akan menunjukkan perilaku yang tidak normal. Gaya renangnya berubah menjadi miring dan mulutnya terlihat megap-megap seperti kesulitan mengambil nafas. Kemungkinan yang paling parah ialah penyakit tersebut sudah menyerang gelembung renang ikan sehingga mengakibatkan tubuhnya tidak stabil. Anda harus menolongnya dengan memberikan pengobatan secara tepat.

Penyebab 3. Ikan Kekurangan Oksigen

Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk mendukung kehidupannya. Tanpa oksigen yang cukup, maka ikan oscar akan mati. Namun sebelumnya, ikan akan menunjukkan tanda-tanda bahwa kondisi tubuhnya sudah parah. Yaitu gaya renang ikan oscar menjadi miring dan tidak beraturan. Ikan pun cenderung berada di permukaan air untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Anda harus segera memberikan pertolongan.

Penyebab 4. Pompa Terlalu Kuat

Kita membutuhkan pompa untuk menciptakan gelembung-gelembung udara di dalam air. Gelembung ini merupakan sumber dari oksigen yang nantinya larut di air. Pasanglah pompa yang ukurannya sesuai dengan ukuran akuarium. Pompa yang tekanannya kuat memang dapat menghasilkan gelembung udara yang lebih banyak, tetapi di sisi lain berbahaya bagi ikan oscar. Tekanan yang timbul dari pompa tersebut dapat mengakibatkan kondisi ikan menjadi lemah sehingga berenangnya miring.

Penyebab 5. Kondisi Air Kotor

Faktor air juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ikan oscar. Sehingga bila memburuk, maka ikan ini akan berenang miring akibat sistem di dalam tubuhnya tidak stabil. Jadi Anda harus memastikan air di dalam akuarium senantiasa dalam keadaan yang bersih. Disarankan untuk melakukan penggantian air sebanyak 30 persen setiap seminggu sekali. Jangan lupa untuk memasang alat aerator dan filtrasi ya.

sumber