Mengapa ikan mas koki berenang terbalik ?

Bagi pemula, melihat ikan mas koki berenang secara terbalik mungkin mengejutkan. Karena posisi ikan terlihat seperti mati. Mengapa ikan mas koki berperilaku demikian ?

Bagi pecinta ikan hias, fenomena ikan mas koki yang berenang terbalik mungkin bukanlah hal yang baru lagi. Penyebab kondisi tersebut ialah karena swim bladder ikan mas koki mengalami gangguan. Swim bladder adalah salah satu organ bagian dalam dari ikan yang bentuknya seperti sosis untuk membantu ikan menjaga keseimbangan daya apung, disebut juga kantung kemih. Ikan mas koki berbentuk bulat yang menjadikan kantung kemihnya juga menjadi semakin bulat dan pendek. Hal inilah yang membuat ikan koki lebih rentan terhadap kelainan.

Selain itu, beberapa hal di bawah ini juga yang menyebabkan gangguan pada kantung kemih ikan koki sehingga menjadikannya bereneng terbalik.

  • Makanan ikan yang buruk atau sudah kadaluarsa. Hal ini menjadikan kelebihan gas di usus sehingga menyebabkan ikan kehilangan keseimbangan. Seringkali gas akan masuk ke kantung kemih sehingga ikan menjadi mengapung, karena ikan tidak bisa melepaskan gas jika sedang sembelit.
  • Perubahan suhu mendadak
  • Infeksi. Serangan bakteri kantung kemih menjadikan ikan kehilangan keseimbangan
  • Tingginya kandungan nitrik pada air dan yang mempengaruhi kantung kemih ikan koki.
  • Banyak menelan udara saat ikan koki makan dengan makanan apung.
  • Umur sudah tua / Genetika

Kelainan tersebut sering disebut sebagai gejala ikan kembung. Ikan kembung disebabkan oleh banyaknya gas yang terdapat pada pencernaan ikan, seperti keadaan kembung pada manusia. Banyaknya gas ini akibat dari pemberian pakan yang berlebihan, apalagi dari jenis-jenis pakan buatan pabrik seperti pelet terapung. Dengan banyaknya makanan dalam saluran pencernaan, bakteri yang hidup dalam saluran tersebut akan tumbuh subur dan melepaskan gas-gas yang melimpah. Bila dibiarkan terlalu lama tanpa perlakuaan, ikan koki yang kembung dapat mengalami kematian.