Mengapa ikan Koi diam di dasar Kolam ?

ikan koi

Kita semua pasti sepakat kalau ikan koi merupakan ikan air tawar yang indah sekali. Daya tarik utamanya terletak pada warna-warni yang menyelimuti tubuh ikan tersebut. Selain itu, cara koi berenang sungguh indah dan menyenangkan. Ketika ikan koi diam di dasar kolam, maka kita tidak bisa melihat keanggunannya. Mengapa ikan Koi diam di dasar Kolam ?

penyebab-penyebab timbulnya ketidaknyamanan pada ikan koi:

  1. Kolam Tidak Memiliki Arus
    Di habitat alaminya, ikan mas koi terbiasa hidup di lingkungan perairan yang memiliki air beraliran deras. Jadi apabila Anda memutuskan untuk memelihara ikan koi, Anda wajib melengkapi kolamnya dengan pompa air. Pompa inilah yang selanjutnya akan meniupkan udara ke dalam air sehingga tercipta aliran. Pastikan aliran air ini cukup deras sebab bila terlalu lemah, ikan koi juga tidak akan menyukainya.

  2. Ikan Merasa Ketakutan
    Coba perhatikan kondisi lingkungan di sekitar kolam, apakah sudah benar-benar aman bagi ikan koi atau tidak? Lingkungan yang terlalu terbuka biasanya akan membuat ikan tersebut merasa ketakutan. Begitu pula jika kondisinya terlalu tertutup, ia akan selalu merasa waswas terhadap setiap kemungkinan yang ada di balik penutup tersebut. Solusinya Anda perlu memastikan kalau kolam dikelilingi tanaman seperlunya saja.

  3. Kedalaman Kolam Terlalu Dangkal
    Penyebab lain yang akan membuat ikan koi ketakutan ialah kedalaman kolamnya yang terlalu dangkal. Hal ini membuat ikan merasa tidak bisa bersembunyi dengan baik. Ia sudah berusaha beradaptasi dengan lingkungannya, kemudian sadar kalau sedang terancam tidak bisa menemukan tempat persembunyian yang aman. Pada akhirnya dia pun berusaha selalu menyembunyikan diri. Sebaiknya, buatlah kolam ikan dengan kedalaman minimal 1 m.