Mengapa ikan Koi di Jepang sangat mahal dibandingkan ikan Koi yang dijual di negara lain ?

ikan Koi

Mengapa ikan Koi di Jepang sangat mahal dibandingkan ikan Koi yang dijual di negara lain ?

Beberapa alasan mahalnya ikan koi di Jepang dibandingkan di negara lain, yaitu:

  • Rumitnya upaya mendapatkan ikan koi berkualitas tinggi.
    Nilai ikan koi di Jepang sangat tinggi, hal ini dikarenakan prosesnya sangat rumit, para peternak ikan koi tidak dapat dengan begitu saja memelihara ikan-ikan tersebut, karena mereka mungkin memiliki 10,000 ekor ikan koi dan sangat mahal untuk memelihara semuanya. Seiring dengan pertumbuhan ikan-ikan tersebut, peternak ikan akan melakukan beberapa penyisihan dan pemilahan. Peternak harus sangat selektif dalam menyisihkan ikan yang memiliki bentuk yang kurang baik. Beberapa ikan koi yang tidak buruk tapi tidak cukup baik bahkan dapat dijual di toko ikan di Jepang. Di Amerika, hal tersebut biasa disebut koi “Kelas Kolam” dan dijual pada harga yang lebih rendah.

  • Pada tahap berikutnya, mereka mulai memilah-milah kategori ikan yang sesuai dengan tipe ikan koi yang dibiakkan. Misalnya, dalam membiakkan Kohaku (merah dan putih), ikan koi dengan warna kuning dan hitam harus dipisahkan.

    Selanjutnya peternak ikan akan menentukan ikan koi mana yang dapat dijual dengan harga lebih tinggi dan memilih yang mana yang akan terus dipelihara yang kemudian dijual dengan harga lebih mahal lagi, mungkin sekitar $10-20,000. Tidak semua ikan koi Jepang mahal, akan tetapi semua ikan koi Jepang yang berkualias memang cenderung mahal karena telah melalui proses pemilihan yang panjang. Dari 10,000 ekor mungkin hanya akan ditemukan 20 - 30 ekor yang berkualitas dengan panjang 18" kemudian berkembang menjadi 26" dan pada akhirnya hanya 2 - 3 yang benar-benar berkualitas tinggi dan sisanya akan dijual.

  • Selama masa panen, peternak ikan harus menjaga pergerakan ikan koi dari kolam ke pasar di samping menjaga kualitasnya. Dalam prosesnya mereka juga harus membuat keputusan yang berat mengenai ikan mana yang akan dipelihara dan ikan yang mana yang akan dijual pada berbagai usia ikan. Para peternak harus mampu mengetahui bahwa seekor ikan telah mencapai potensi maksimalnya dan dapat dijual atau mendeteksi bahwa terdapat seekor ikan mulai menunjukkan tanda-tanda perkembangan yang kurang baik sehingga ikan tersebut harus dijual. Walaupun tidak sering, kadangkala peternak ikan juga membuat kesalahan dalam menentukan keputusan.

    Beberapa peternak sangat luar biasa, mereka sangat jujur mengenai potensi ikan koi yang dimilikinya. Para peternak ingin pelanggannya merasa senang karena beberapa pelanggan ingin berlomba, memamerkan ikan koi mereka dan memenangkan perlombaan tersebut. Bagi sebagian besar orang, ikan koi harus dibagi dan dianggap sebagai bentuk seni yang hidup.

Sumber:
https://www.galena.co.id/q/mengapa-ikan-koi-di-jepang-sangat-mahal-dibandingkan-ikan-koi-yang-dijual-di-amerika