Mengapa Ikan Cupang tidak mau kawin ?

Ikan Cupang

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Mengapa Ikan Cupang tidak mau kawin ?

Sebenarnya penyebab ikan cupang tidak mau kawin ada banyak namun berdasarkan pengalaman peribadi ada beberapa faktor yang sangat sering terjadi dan menyebabkan pada saat pemijahan cupang sendiri malah berantam dan bukan melakukan proses kawin, berikut beberapa penyebabnya.

  • Ikan cupang yang belum memasuki masa kawin adalah salah satu penyebabnya, banya dari kita yang mengawinkan ikan cupang padahal ikan cupang tersebut belum memasuki masa kawin ntah itu cupang jantan maupun cupang betina, sebaiknya sebelum melakukan pemijahan pada ikan cupang kenali terlebih dahulu ciri ciri cupang yang siap kawin.

  • Cupang yang sedang stress juga menjadi masalah yang sering muncul dan menyebabkan gagal dalam kawin, hal ini bisa saja dikarenakan jantan atau betina ikan cupang baru saja di adu atau bertanding dengan ikan lainnya.

  • Belum cukup umur pada cupang juga menjadi kendala ,sebaiknya dalam mengawinkan ikan cupang pastikan umur ikan cupang sudah siap, sebaiknya umur cupang sudah 1 tahun agar perose perkawinan sukses.

Walaupun 3 point di atas sudah terpenuhi dan memenuhi syarat ada faktor lain yang menyebabkan gagal yaitu pada saat peroses pemijahan ikan cupang terganggu akan hal lain sebabai contoh keributan dan hal lain sebagainya, perlu diketahui bahwa jika cupang terganggu maka proses perkawinan akan minim sukses dan parahnya gagal.