Mengapa Ijazah Dianggap Penting di Indonesia?

Menurut Ferra Paujiyanti (2016) ijazah adalah suatu tanda surat tamat belajar di suatu sekolah, sehingga setiap siswa yang sudah lulus sekolah akan mendapatkan STTB/ijazah yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Di Indonesia, ijazah begitu dianggap penting oleh masyarakat. Hampir semua pekerjaan atau pengurusan surat-surat penting mensyaratkan untuk memberikan salinan ijazah pendidikan terakhir. Saking dianggap pentingnya ini banyak orang yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan ijazah atau agar membuat nilai yang tertera di ijazah bisa terlihat bagus. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang membuat ijazah palsu agar bisa masuk pekerjaan yang diinginkan. Padahal tidak semua pekerjaan mementingkan ijazah dan lebih harus melihat kemampuan yang dimiliki oleh pelamar.

Lalu, mengapa ijazah dianggap penting di Indonesia? apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Referensi

PENGERTIAN IJAZAH – Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut saya, ijazah dianggap penting karena merupakan bukti maupun identitas diri kita dalam menempuh suatu pendidikan dan sekaligus sebagai suatu spekulasi orang banyak bahwa ijazah suatu hal yang istimewa. Sebab tidak semua orang dapat memiliki ijazah, mereka harus menempuh waktu, biaya bahkan menggali apa yang sedang ingin mereka pelajari. Ijazah dianggap penting di Indonesia sendiri karena merupakan suatu bukti secara spesifik seseorang mempunyai kemahiran apa dan focus ilmu serta basicnya itu apa.

1 Like

Menurut saya ijazah dianggap penting karena itu merupakan track record kita, dan bukti yang valid bahwa kita telah selesai dan pernah menempuh pendidikan. Serta, dari ijazah tersebut juga seseorang menjadi tau anak tersebut pintar di mata pelajaran apa. Dan dari situ, kita bisa melihat bahwa anak tersebut memiliki bakat di mata pelajaran itu.

1 Like

Speerti yang teman-teman lain katakan, ijazah masih menjadi satu-satunya bukti otentik bahwa kita telah menyelesaikan pendidikan. Namun menurut saya, ijazah bukanlah sesuatu ‘sepenting’ itu. Jika seseorang yang masih duduk di bangku sekolah dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan di sekolah yang lebih tinggi, maka ijazah dirasa sangat krusial karena tidak ada cara lain untuk mengestimasi kemampuan dan bakat kita. Tetapi, jika ijazah itu berhubungan dengan career, kok agaknya ijazah bukan suatu hal yang terlalu penting untuk dipertimbangkan ya?

Saya merasa softskills, seperti work under pressure, networking, build relations, itu jauh lebih penting dibandingkan hanya selembar kertas itu. HRD tidak mempedulikan bagaimana angka-angka di ijazah itu bisa muncul demikian, namun yang mereka perhatikan adalah bagaimana kita bisa fit dengan dinamika perusahaan tersebut. Tentunya dalam hal ini, ijazah hanya digunakan untuk persyaratan berkas semata dan belum tentu bisa menjamin kelancaran kehidupan kita selanjutnya. Apalagi jika memutuskan untuk menjadi wirausahawan, pastinya selembar kertas ijazah itu akan tersimpan rapi dan tak tersentuh.

1 Like