Mengapa gigi pada anak dinamakan gigi susu?

Seringkali orang-orang menyebut gigi yang tumbuh pada anak dan bayi dengan gigi susu tanpa tau arti sebenarnya mengapa gigi pada anak dan bayi tersebut dinamakan gigi susu. lalu apa sebenarnya gigi susu tersebut dan mengapa dinamakan gigi susu?

Gigi Susu atau Gigi Desidui adalah gigi yang tumbuh pada rahang anak kecil, dimana gigi tersebut berjumlah 20buah, 10 gigi pada rahang atas (maksila) dan 10 gigi pada rahang bawah (mandibula). Gigi sususudah mulai berkembang pada masa kandungan sekitar 4 - 5 bulan. Pada saat lahir, maksila danmandibula merupakan tulang yang telah dipenuhi oleh benih-benih gigi dalam berbagai tingkat perkembangan. Gigi susu diharapkan sudah tumbuh lengkap pada saat anak berusia 2 tahun. Kadang-kadang, ada bayi yang usianya belum genap enam bulan giginya sudah mulai tumbuh, atau ada juga anak sudah menginjak satu tahun giginya belum tumbuh sama sekali. Kondisi seperti ini tidak perlu dirisaukan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi misalnya nutrisi, hormonal, ataupun keturunan (faktor genetik).

Ada kasus anomali dimana tidak ditemukan benihgigi pada rahang anak sehingga selamanya gigi tidak akan tumbuh (namun kasus ini jarangsekali).Gigi susu merupakan space maintainer sebelum gigi geligi permanen erupsi. Kehilangan gigidesidui dapat menimbulkan banyak masalah, antara lain mengganggu pertumbuhan lengkungbasal, lengkung alveolar dan lengkung gigi. Gigi dalam fungsinya sebagai alat pengunyahanmenjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rahang. Selain itu, kehilangan dini gigi desidui juga mengakibatkan kehilangan ruangan, di mana terjadi pemendekan lengkung gigikarena pergeseran gigi geligi ke arah ruangan yang kosong bekas pencabutan. Resorpsi tulangalveolaris dan hilangnya interdigitasi gigi desidui dapat mengganggu pertumbuhan rahang.