Mengapa gigi bisa berwarna kekuningan bahkan coklat?

Beberapa orang memiliki gigi yang berwarna kekuningan bahkan coklat. Kenapa dan apa yang menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning?

Beberapa faktor yang menyebabkan warna gigi berubah dari warna normalnya, diantaranya:

  • Seringnya mengkonsumsi kopi/ minuman dengan kadar warna yang pekat.

  • Merokok, rokok memang dianggap biang kerok atas perubahan warna gigi.

  • Beberapa jenis makanan tertentu juga dapat mengubah warna gigi, namun semua itu bisa kita cegah dengan teratur menggosok gigi.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu tertentu.

  • Kandungan Air yang sering dikonsumsi

Warna gigi yang menguning disebabkan lapisan di bawah enamel gigi yaitu dentin, semakin lama semakin naik. Ini bisa disebabkan karena enamel, yakni lapisan luar gigi Anda yang berwarna putih dan agak tembus pandang rapuh atau lemah.

Merokok adalah faktor yang dapat membuat gigi berubah warna. Bahan kimia dalam rokok memiliki efek pewarnaan pada gigi karena menempel pada enamel. Semakin lama merokok, semakin terlihat pula perubahan warnanya.

Tak hanya merokok, kebiasaan minum kopi juga sudah diketahui dapat memberikan perubahan warna gigi. Menyesap kopi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari memungkinkan enamel gigi Anda keropos sehingga noda dapat menetap dan menyebabkan warna gigi menguning jika tidak dibilas dan dibersihkan secara teratur.

Selain merokok dan kopi, Anda juga harus mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi menguning seperti berikut ini.

  1. Terlalu banyak menggunakan obat kumur atau memilih makanan asam
    Banyak obat kumur komersial yang sangat asam dan jika digunakan terlalu sering bisa menghancurkan enamel gigi. Sebenarnya, pemicu bau mulut adalah mulut yang kering. Anda bisa memilih untuk menyikat gigi lebih sering daripada menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

  2. Kurang memerhatikan kebiasaan membersihkan mulut
    Kurang konsisten menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang dapat menyebabkan akumulasi plak pada enamel gigi. Ini bisa menipiskan lapisan pelindung gigi dan menyebabkan gigi terlihat kuning.

  3. Menyikat gigi terlalu antusias
    Memang baik menyikat gigi secara teratur, tetapi tidak disarankan menyikatnya terlalu sering dengan pasta gigi. Ini bisa jadi hal yang penting karena pasta gigi bisa jadi mengandung zat abrasif, dan jika Anda menyikat terlalu keras atau sering Anda mungkin akan menghilangkan lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin.

  4. Makan terlalu banyak buah atau sayuran asam
    Buah dan sayuran yang mengandung asam tinggi seperti jeruk, tomat, nanas juga bisa merusak lapisan luar gigi Anda. Hindari kerusakan parah pada gigi dengan minum air putih setelah mengonsumsi makanan asam.

Beberapa hal di bawah ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan warna pada gigi, termasuk penyebab gigi kuning.

Wine
Minuman ini mengandung kromogen dan tanin yang memiliki efek buruk, terutama sebagai pencetus noda gigi dan menjadi penyebab gigi kuning.

Kopi dan teh
Kopi dan teh hitam juga bisa menjadi penyebab gigi kuning karena kandungan kromogennya yang tinggi, kopi pun memiliki sifat asam sehingga dapat merusak gigi. Jika Anda gemar mengonsumsi teh dan takut akan dampaknya pada gigi, Anda bisa memilih teh hijau yang berwarna lebih jernih.

Minuman berkarbonasi
Minuman bersoda yang berwarna gelap bersifat asam dan kaya akan kromogen menjadikan minuman berkarbonasi sangat mudah menguningkan

Buah berwarna terang
Buah-buahan dengan warna yang sangat terang dapat meninggalkan noda di gigi. Bukan hanya buahnya, makanan olahan dari buah-buahan tersebut, seperti jus atau kue, berpotensi sama. Buah-buahan kategori ini antara lain, bluberi, tomat, blackberry, cranberry, ceri, anggur.

Permen
Aneka jenis permen dengan pewarna buatan adalah salah satu penyebab noda gigi, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Tanda permen mampu meninggalkan noda adalah dengan melihat warna yang tertinggal pada lidah setelah kita memakannya.

Kesehatan gigi yang buruk
Tidak menyikat gigi dan tidak melakukan flossing secara rutin, akan membuat gigi kian akrab dengan noda. Kedua kebiasaan di atas wajib dilakukan, agar sisa makanan atau minuman penyebab noda tidak tertinggal dan menempel lama pada gigi, sehingga menjadi penyebab gigi kuning.

Merokok
Merokok bisa menyebabkan noda pada gigi. Bukan hanya dengan mengisap, mengunyah tembakau pun memiliki efek yang sama pada gigi.

Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin membersihkannya. Selain itu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda juga perlu rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Penyebab gigi menjadi kuning, yang jarang kita sadari, antara lain :

  • Teh Herbal
  • Obat Mata
  • Berenang
  • Pemutih gigi
  • White Wine
  • Menyikat gigi setelah makan yang manis
  • Diabetes
  • Rokok
  • Minuman berenergi
  • Membuka kemasan dengan gigi
  • Kopi

http://www.jurnalkedokterangigi.com/post/read/771/penyebab-gigi-kuning-yang-tidak-disadari.html

Terlalu banyak minum kopi. Kandungan tanin dalam kedua minuman ini bisa mengubah warna lapisan terluar gigi atau enamel, begitu juga dengan minuman lain yang berwarna, seperti minuman bersoda, wine, atau sirup. Akibatnya, permukaan gigi akan tampak berwarna kehitaman atau kecoklatan. Noda pada gigi akan lebih mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar, baik akibat plak gigi maupun permukaan anatomi gigi yang tidak rata.

Penyebab gigi kuning disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Malas membersihkan gigi
    Ya gigi yang jarang dibersihkan akan membuat sisa-sisa makanan menempel pada gigi dan akhirnya gigi menjadi kotor dan menguning

  2. Merokok
    Kandungan nikotin dalam rokok menjadikan ruang mulut menjadi asam, nikotin akan menempel pada gigi sehingga menjadikan gigi kuning.

  3. Kopi
    Kebiasaan minum kopi akan menjadikan gigi menguning, tidak hanya menguning saja, bahkan kopi juga dapat membuat gigi berwwarna hitam.

  4. Teh herbal
    Teh herbal memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Namun terlalu sering mengkonsumsi teh herbal akan menjadikan gigi menjadi kuning.

  5. Alkohol
    Alkohol akan membuat gigi menjadi kuning dan berlubang, oleh sebab itu hindarilah alkohol.

  6. Permen karet
    Sebenarnya tidak hanya permen karet saja, melainkan semua permen tidak baik untuk gigi, namun permen karet yang memiliki dampak paling buruk terhadap gigi.

  7. Genetik atau keturunan
    Faktor gen atau keturunan juga dapat menjadi penyebab gigi kuning.

  8. Minuman bersoda
    Minuman bersoda juga dapat membuat gigi kuning dan merusak gigi. Minuman bersoda dapat mengikis elemel gigi anda sehingga membuat gigi rusak.

  9. Makanan manis
    Makanan manis seperti kue, cokelat, bronis dan lain sebagainya dapat merusak dan membuat gigi menjadi kuning.

  10. Obat-obatan
    Ada juga beberapa obat yang dapat membuat gigi menjadi kuning, sebagai contoh obat antibiotik. Obat anti biotik dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

  11. Penyakit
    Adapula beberapa penyakit yang memperngaruhi warna gigi, sebut saja penyakit diabetes, ya penyakit diabetes dapat membuat gigi menjadi kuning.

  12. Menggosok gigi setelah makan makanan manis
    Menggosok gigi memang baik, namun menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan manis dapat berakibat buruk pada gigi.