Mengapa game Flappy Bird bisa menjadi populer hanya dalam satu malam ?

Seperti yang kita ketahui Flappy Bird dalam satu malam tiba tiba menjadi sebuah perbincangan yang sangat ramai di dunia maya. Padahal Flappy Bird sendiri hanyalah game biasa dengan fitur yang sangat simpel sekali bahkan bisa dikatakan retro. Lalu mengapa dia mampu mengguncang internet hanya dalam satu malam? Padahal developernya sendiri tidak melakukan user research namun dapat menemui kebutuhan penggunanya.

Jujur saja, Tidak ada yang benar benar tahu Kebutuhan dari Pengguna, Namun kita dapat mengambil beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari Flappy Bird untuk Memahami Kebutuhan Pengguna :

  1. Pengguna menyukai hal yang simpel
    Seperti flappy bird. Gamenya sangat simpel sekali hanya dengan mentap tap maka kita dapat terus memainkannya sampai burung dari game tersebut terjatuh. Dari sini kita belajar bahwa Pengguna mobile menyukai hal hal yang simpel, justru pengguna mobile tidak menyukai hal hal yang terlalu rumit. Dengan desain yang sangat simpel membuat game flappy bird ini menjadi sangat mudah untuk dipelajari oleh pengguna sehingga banyak yang bisa memainkan gamenya tanpa perlu mempelajari terlebih dahulu

  2. Pengguna menyukai hal yang menantang
    Game flappy bird menggunakan sistem progressif, dimana setiap rintangan akan secara perlahan menjadi semakin sulit. Ketika pemain Melewati rintangan yang susah, maka ia akan merasa bangga dengan pencapaiannya dan tidak sedikit yang membagikannya di sosial media seberapa jauh rintangan yang bisa mereka lewati.

  3. Pengguna menyukai hal hal yang adiktif
    Pernahkah anda merasa hampir saja dapat melewati sebuah rintangan ketika anda terjatuh? Itulah salah satu kunci adiktif dari game Flappy Bird ini. Dengan pemain merasa “Hampir Saja” ini membuat pemain merasa tidak ingin dikalahkan oleh rintangan tersebut dan secara terus menerus bermain hingga akhirnya ia bisa melewati rintangan tersebut.

    Hal ini mirip seperti Mohon maaf Tempat perjudian, dimana ketika bermain anda merasa seperti akan memainkan perjudian tersebut padahal sebenarnya anda sudah kalah dari awal. Setiap tempat perjudian dimanapun memanfaatkan “Perasaan hampir menang” tersebut untuk mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya dari pengunjung tempat judi tersebut

  4. Pengguna tidak suka iklan
    Jujur saja, pasti andapun tidak suka iklan kan? Walaupun flappy bird mendapatkan keuntungan berjuta juta dolar dari iklannya. Penempatan iklan yang diberikan flappy bird hanya mengambil porsi yang sangat kecil dari keseluruhan layar. Ketika bermain tidak ada jeda iklan samasekali didalam gamenya. Sehingga pemainnya dapat bermain terus menerus tanpa harus terganggu oleh iklan yang mengambil keseluruhan layar seperti kebanyakan Mobile game pada umumnya.

Walaupun game flappy bird ini dibuat hanya sekedar iseng iseng saja oleh developernya, dan bahkan game itu kini dihapus dikarenakan banyak sekali kontroversi yang disebabkan oleh game yang sangat simpel ini. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari game ini terkait kebutuhan pengguna secara tidak langsung dengan kepopulerannya pada masa itu.

referensi

Sumber 1
Sumber 2