Mengapa flowchart/algoritma pada suatu program penting untuk dibuat?

Tentu kita sudah sering mendengar yang namanya flowchart/algoritma, namun seberapa tahu kah kalian mengenai untuk apa flowchart/algoritma dibuat, dan seberapa penting perannya dalam sebuah program ?.

Sebuah program dapat dikatakan sukses jika dapat berjalan sesuai alur dari algoritma itu sendiri, algoritma memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah program, terutama untuk memahami alur dari program yang dibuat, seorang pengembang perangkat lunak pasti membuat algoritmanya terlebih dahulu sebelum membuat sebuah program, agar dapat mudah dipahami alurnya, bayangkan saja jika program yang begitu komplek namum tidak memiliki algoritma yang jelas itu akan sangat berdampak ketika program itu ingin di kembangkan atau dibuat ulang akan sangat susah sekali untuk memahami program tanpa algoritma yang jelas. Jika sebuah program tidak dibuat dengan algoritma yang benar maka output yang dihasilkan juga akan tidak benar. Algoritma itu sendiri dapat dikatakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis, sedangkan Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa :

Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)

Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya.

Pembuatan algoritma terlebih dahulu sebelum membuat sebuah program mempunyai banyak keuntungan di antaranya :

  • Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.

  • Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama.


Ada juga fungsi Algoritma/Flowchart sebagai berikut :

  1. Dapat digunakan untuk memecahkan program yang rumit
  2. Menggunakan fungsi algoritma bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana
  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan
  4. Memudahkan dalam pembuatan program
  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut
  6. Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang,
  7. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan
  8. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas, jadi ketika program mengalami error dapat langsung kita menemukan permasalahannya tanpa harus mengecek one by one dari awal.
  9. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain
  10. Dokumentasi yang lebih mudah

Itu semua penyebab pentingnya membuat suatu program dengan menggunakan algoritma/flowchart

Sumber :man_technologist: :


ALGORITMA ITU PENTING!


Algorithm of Tests

Dalam sebuah program tentu saja terdapat langkah langkah yang akan dibuat untuk membuat sebuah program. Langkah-langkah untuk membuat sebuah program yang baik dan benar disebut dengan algoritma. Adapun fungsi algoritma itu sendiri diantaranya :

  • Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil.

  • Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis berulang-ulang) dalam program.

  • Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai program yang berbeda.

  • Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat dikerjakan oleh programmer-programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek

  • Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita buat

  • Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan, jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program.

  • Mempermudah untuk pembuatan sebuah program

  • Pembuatan program dengan langkah-langkah yang runtut dan efisien

Source :

Sebelumnya apa sih algoritma dan flowchart itu?

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma merupakan langkah pertama yang ditulis sebelum menuliskan program.

Flowchart/diagram alir adalah metode untuk menggambarkan tahap-tahap penyelesaian masalah, beserta aliran data dengan simbol-simbol standar yang mudah dipahami.

Nah mengapa sih algoritma dan flowchart itu penting?

Algoritma dan Flowchart penting karena :

  1. Algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit, menjadi program yang sederhana
  2. Algoritma bisa digunakan secara berulang-ulang sehingga lebih efektif,
  3. Memudahkan dalam pembuatan program dan membuat program yang ada menjadi lebih terstruktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan,
  4. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah dengan melihat alurnya
  5. Ketika ingin melakukan modifikasi hanya beberapa yang dirubah tidak perlu keseluruhan,
  6. Menggambarkan proses-proses sehingga mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses ke proses lainnya

Referensi :