Mengapa film horor disukai banyak penonton?

Ketika menonton film horor, tidak sedikit penonton yang merasa ketakutan baik karena adegan maupun suaranya. Namun, hingga saat ini film horor masih menjadi salah satu genre film dengan penggemar terbanyak. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Alasannya adalah sebab setiap orang itu membutuhkan adrenalin. Ini adalah hormon yang membuat seseorang berani dan siaga. Salah satu cara memperolehnya adalah dengan menyaksikan apa yang mereka takuti. Bagimanapun, takut adalah sebuah perasaan yang juga di butuhkan oleh manusia.

Saat seseorang menyaksikan figur yang ditakuti, seperti hantu, selain adrenalin yang memacu kita lebih siaga, otak kita juga mengeluarkan senyawa neotransmitter bernama dopamin, glutamat, dan serotin yang menyeimbangkannya dengan rasa nyaman.

Itulah mengapa ketika telah menyaksikan film horor, orang jarang merasa jera. Bahkan ingin mengulangi dan terus mencari hal-hal yang lebih ekstrem lagi.

Menurut penelitian dari University of Augsburg Jerman, seseorang yang menyaksikan film horor merasa mendapatkan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghadapi situasi darurat seperti yang digambarkan dalam film.

Gambaran korban sebagai pihak protagonis juga membuat penonton melihat sosok korban sebagai nilai moral untuk berani melawan apa yang ditakuti. Sehingga stimulus ketakutan itu penting untuk membuat kita lebih berani.

Sumber: https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20160614110303-317-138013/meski-menyeramkan-mengapa-film-horor-disukai-penonton/

-Menangtang untuk melihatnya
-Mencekam, sehingga seperti memberikan rasa ketagihan
-Memberikan kesan tersendiri
-Merasa menjadi pemberani
-Suka dengan misteri