Mengapa film Benyamin Biang Kerok mendapatkan banyak kritik dari orang betawi?

Film sebagai tribut untuk legenda komedi Indonesia yaitu Benyamin S. yang diproduksi oleh PT. Falcon Indonesia banyak menerima kritik dari berbagai pihak salah satunya orang betawi itu sendiri. Mengapa sampai ada orang betawi yang tidak menyukai film tersebut?

Perkumpulan Betawi Kita memberikan kritik keras terhadap Film Benyamin Biang Kerok yang digarap sutradara Hanung Bramantyo dan PT Falcon Pictures. Ketua Perkumpulan Betawi Kita Roni Adi mengatakan, kritikan tersebut diberikan dengan alasan film Benyamin Biang Kerok merupakan aksi penipuan terhadap budaya betawi. “Menurut saya dia ini hanya mendompleng nama Benyamin Sueb sebagai tokoh betawi untuk komersialisasi film, padahal tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan betawi, jadi ini merupakan penipuan,” kata Roni dalam diskusi di Komunitas Bambu, Depok, Minggu 11 Maret 2018.

Diskusi bertemakan Film dan Stigmatisasi Orang Betawi tersebut turut dihadiri oleh sejarawan JJ Rizal, Sekjen Forum Jurnalis Betawi M Syakur Usman, dan tokoh betawi lainnya. Selain menipu, Roni juga mengatakan film Benyamin Biang Kerok produksi Falcon Pictures juga menghina Benyamin Sueb sebagai tokoh kebudayaan betawi.