Mengapa facebook tetap menjadi media sosial paling populer?

Di era modern yang serba digital ini, ada begitu banyak platform media sosial yang menjadi media untuk sarana penghubung dan komunikasi. Salah satu media sosial yang paling populer dengan ratusan juta pengguna di seluruh dunia adalah Facebook.

Salah satu media sosial paling populer di seluruh dunia adalah Facebook. Facebook memiliki Jumlah pengguna aktif mencapai 1,35 Miliar. Di indonesia sendiri, Facebook masih tetap diminati dan menjadi media sosial yang sangat populer. Sejak awal diluncurkan, Facebook memang paling banyak diminati remaja.

Website dan aplikasi Facebook memang cukup simple namum tetap menarik. Pendaftarannya pun gratis dan cara menggunakannya sangat mudah. Hal inilah yang membuat Facebook sangat disukai. Setiap pengguna juga bebas berbagi momen bersama teman-teman di Facebook, baik lewat status, foto, maupun video. Pengguna Facebook juga mendapat kemudahan untuk mengakses Facebook dimana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet. Aplikasi Facebook dapat dengan mudah diinstal di smartphone.

Alasan utama orang-orang masih menggunakan Facebook adalah untuk tetap berkomunikasi dan menjaga kontak dengan teman dan relasi. Untuk tetap menarik minat penggunanya, Facebook selalu mengupdate fiturnya serta menyediakan layanan baru yang semakin memudahkan penggunanya.

Kali ini Facebook memperkenalkan fitur live video streaming yang bisa membuat komunikasi antar pengguna jadi makin mudah dan seru. Namun, seperti dilansir The Stack, fitur ini masih tersedia hanya untuk sejumlah pengguna iPhone di Amerika Serikat, sebelum nantinya akan diluncurkan untuk lebih banyak lagi pengguna Facebook. Dengan fitur ini, pengguna dapat mem-posting komentar saat live broadcast berlangsung, dan juga bisa terlihat berapa orang yang menontonnya. Kontak yang melewatkan live video tersebut dapat menoton kembali di timeline mereka. Para Facebooker juga bisa berlangganan feed dan menerima notifikasi saat teman mereka membuat live video.

Sumber :
http://breaktime.co.id/entertainment/tech/mengapa-facebook-tetap-menjadi-media-sosial-paling-populer.html

Salah satu pasar besar dari facebook adalah Indonesia, Indonesia memiliki tingkat pengguna internet yang sangat banyak. Masyarakat kita menyukai Facebook.

Banyak alasan mengapa masyarakat menyukai facebook.

Alasan pertama adalah budaya. "Indonesia adalah Facebook dalam kehidupan nyata. Budaya Indonesia didasarkan pada berbagi, komunikasi dan solidaritas ", kata Danny Hefer, menjawab pertanyaan di Quora. Facebook memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk berhubungan dengan keluarga, teman dan orang-orang penting dalam hidup mereka dengan mudah. Itulah mengapa orang-orang menyukainya begitu banyak

Selain pengaruh budaya, kecenderungan masyarakat Indonesia untuk mengikuti tren. Hal ini berlaku tidak hanya untuk Facebook, tetapi juga untuk Twitter dan Foursquare, yang telah mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia.

Karena semakin banyak orang bisa terhubung melalui Facebook, mereka seolah-olah tidak bisa menolak untuk bergabung karena sebagian besar teman-teman mereka berada di sana. “Sederhananya, atas tekanan teman sebaya”, kata Rama Mamuaya, Pendiri Indonesia tech-startup blog, DailySocial.

Menurut Ronny Haryanto, Many Indonesians like to show off, or don’t want to lose face. Status updates, photos, etc. are good for that. e.g. "Dinner at , again. ", “Enjoying holiday in Bali, again.”, “Liking my new Louboutin shoes”, and so on. [This point is debatable, and is probably not the main reason.] Facebook is free. It wouldn’t be half as popular if Facebook charged even $0.01 for access. [This is, of course, speculative.]

Menurut Aulia Masna, Editor at DailySocial, tekanan teman sebaya sangat kuat. Ada banyak orang yang tahu Facebook, tetapi belum pernah mendengar tentang internet. Beberapa berpikir bahwa Facebook adalah penemuan BlackBerry sehingga mereka membeli perangkat BlackBerry hanya untuk menggunakan Facebook. Setelah banyak orang tau bahwa menggunakan produk Cina yang murah dapat digunakan untuk mengakses Facebook, “the whole market just exploded”.

Lain lagi menurut Dwi Rezeki Kirana Bangun mahasiswa STAN 2010, menurutnya semua orang ingin menjadi terkenal dan popular sama seperti ketika menggunakan Friendster. Anda ingin bisa terhubung ke orang lain, teman-teman, dan keluarga. Terutama, anda bisa mendapatkan kencan dengan menggunakan Facebook. Hanya menempatkan status hubungan anda dengan single, teman anda akan tahu bahwa anda boleh di dekati. Jadi, mereka bisa mencoba untuk mendekati anda. Facebook adalah tempat yang tepat untuk memamerkan diri. Baik itu melalui foto anda, update status, video, dan status hubungan anda.

source :
https://www.quora.com/Why-is-Facebook-so-popular-in-Indonesia](https://www.quora.com/Why-is-Facebook-so-popular-in-Indonesia (dikutip pada 10 Desember 2017)

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat”.

Facebook menempati urutan pertama yang berhasil merebut hati penggunanya. Media sosial itu merupakan buatan Mark Zuckerberg yang paling masyhur di dunia, kemungkinan besar adalah pengguna setia Facebook, dan anda merasa sulit untuk meninggalkan facebook. Senang atau tidak pada facebook saat ini, namun facebook tetap menjadi media sosial paling masyhur di dunia. Sejak diluncurkan pada 2004 silah, facebook dapat dinikmati oleh orang sekalipun tanpa harus kursus terlebih dahulu untuk menggunakannya. Di media sosial ini, orang bukan sekedar bisa menjelaskan kondisi dirinya, seperti kegalauan, membuat catatan-catatan pendek, tapi juga bisa berdoa atau media dakwah.

Selain itu, berikut adalah alasan kenapa facebook sangat populer : Dengan tampilan sederhananya yang disukai pengguna, facebook juga sangat optimal dalam penggunaannya. Dan adanya status yang dapat dilike, di komentari, dan dibagikan. Dapat menulis secara panjang, dapat diakses secara gratis, dan juga dapat diakses melalui berbagai perangkat dan sistem operasi.

Sumber :
(https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook)
(https://inilho.com/social-media/media-sosial-terpopuler-di-dunia.html)
(https://www.santridrajat.com/alasan-facebook-menjadi-sosial-media-terpopuler/)

Ada banyak faktor yang membuat facebook menjadi sebuah situs yang populer yang mampus membuat orang lain tertarik dalam menggunakan facebook saat itu.

  1. Penggunaan yang mudah membuat facebook pada zaman itu dapat digunakan banyak orang tanpa harus mengetahui bahasa komputer secara dalam. sehingga siapapun bisa mengaksesnya dan berinteraksi disitu

  2. Facebook selalu melakukan inovasi dengan menambahkan fitur fitur baru secara terus menerus

  3. Selain dari fitur fitur baru yang selalu muncul fitur yang diberikan oleh facebook selalu meningkatkan tingkat interaksi antara satu orang dan orang yang lain, seperti saat ini. Selain hanya tombol like, kita kini juga bisa melakukan reaksi seperti menyukai, tertawa, takjub atau bahkan marah.

  4. Tidak seperti kompetitor lainnya, Facebook selalu berfokus dalam memperbaiki produk mereka dibandingkan dengan kompetitor lain yang hanya bekerja sesuai kemauan stakeholder mereka.

Dari faktor faktor itulah mengapa facebook menjadi Sosial media yang populer dan menjadi perusahaan besar yang menghasilkan milyaran dolar tiap tahunnya.

Referensi :

Yao, Erica. 2016. Why is Facebook so popular and Successful?.https://www.theodysseyonline.com/why-facebook-popular-and-sucessful (online). Diakses pada 28 Februari 2018

Facebook diklaim kian mendominasi jagat media sosial di dunia. Sampai saat ini, raksasa media sosial milik Mark Zuckerberg itu sudah mengantongi 1.968 miliar pengguna aktif.

Sebanyak 89 persen di antaranya mengakses via smartphone dan 61 persen mengakses Facebook setiap harinya. Setelah dipecah berdasarkan gender, 44 persen pengguna adalah wanita dan 56 persen merupakan pria.

Berikut adalah mengapa facebook bisa menjadi sosial media yang populer:

  • Facebook menjadi sukses, karena ide dibalik facebook bukan hanya dari developer itu sendiri, rasanya seperti pengguna meminta developer untuk membuat platform itu.
  • Facebook mudah digunakan, membantu orang-orang dalam menghubungkan di mana pun mereka berada, memberi kesempatan besar bagi orang-orang media untuk berbagi pemikiran mereka.
  • Facebook adalah platform besar untuk melakukan hal-hal seperti mempromosikan barang, bisnis, produk secara online dengan cara yang mudah. Orang-orang terpengaruh oleh layanan Facebook, mereka merasa terbantu dan ada begitu banyak orang yang terhubung ke Facebook.
  • Membantu orang-orang mengetahui apa yang sedang terjadi (Up-to-date).
  • Terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dengan menambahkan dan menghapus fitur, meneliti, meningkatkan sistem mereka untuk penyimpanan data, mengumpulkan data mining, memperoleh saluran yang relevan seperti Whatsapp dan Instagram.
  • Facebook memiliki keamanan yang hebat. Nama pengguna dan kata sandi Facebook anda terlindungi. Satu-satunya cara agar akun Facebook Anda bisa diretas adalah jika Anda berbagi informasi itu.

Dengan fitur-fitur facebook yang terus dikembangkan dan juga investasi-investasi yang dilakukan Mark kepada Facebook itu yang membuat Facebook menjadi media sosial populer yang mempunyai profit hingga Milyaran US Dollar.

Referensi