Mengapa efisiensi dibutuhkan dalam membuat algoritma?

Tidak sedikit para programmer melakukan diskusi mengenai tingkat ke-efisiensian dari sebuah algoritma. Bahkan ada beberapa yang sampai memperdebatkan karena merasa paling efisien terkait algoritmanya masing-masing.

Mengapa efisiensi dibutuhkan dalam membuat algoritma ?

Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan, sumber tersebut bisa merupakan banyak hal seperti energi, waktu, biaya, dsb.

Sedangkan algoritma itu sendiri merupakan sebuah proses atau langkah-langkah dalam tercapainya solusi dari sebuah tujuan atau masalah yang telah ditetapkan.

Secara garis besar, dalam memecahkan sebuah masalah memang sangat banyak sekali jalan untuk menyelesaikannya. Akan tetapi, dari banyaknya cara tersebut, cara yang paling efisien lah yang akan digunakan oleh banyak orang. Dalam kata lain, cara tersebut akan digunakan apabila sumber yang digunakan sedikit, tetapi mendapatkan hasil yang lebih. Seperti prinsip yang mengatakan bahwa lebih cepat maka lebih baik. Maka, prinsip tersebutlah yang digunakan pada pembuatan sebuah algoritma.

Sehingga, proses pemecehan masalahpun akan semakin jauh lebih mudah apabila tingkat efisiensi juga tinggi.

Efisiensi dibutuhkan untuk penyusunan algoritma dikarenakan efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.

Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut. Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, efisiensi berarti ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya), kedayagunaan, ketepatgunaan, dan kesangkilan. Efisiensi juga berarti kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya).

Efisiensi dalam menyusun sebuah algoritma sangat diperlukan. Dalam sisi programmer, menyusun sebuah algoritma yang efisien dapat memudahkan dalam membuat program. Programmer tidak akan membuang waktu dan tenaga lebih untuk menghasilkan sebuah program yang diinginkan. Selain itu, program yang dihasilkan akan maksimal dan sesuai sehingga tidak akan menjadi program yang sia-sia. Dengan menyusun algortima secara efisien dan menciptakan program sesuai dengan algoritma tadi, kepuasan pelanggan yang membutuhkan program tadi juga akan terpenuhi.

Algoritma tidak saja harus benar dalam logika, tetapi juga harus efisien. Algoritma yang bagus adalah algoritma yang efisien. Efisien berarti dengan langkah yang pendek sebuah algoritma dapat berjalan dengan apa yang kita inginkan. Algoritma yang efisien adalah algoritma yang meminimumkan kebutuhan waktu dan ruang. Kebutuhan waktu dan ruang suatu algoritma bergantung pada ukuran masukan. Selain itu dalam suatu algoritma dinyatakan dengan banyaknya operasi aritmatika dan logika yang dilakukan seperti (statement,jenis algoritma,tipe data, dan operator ).